Pemkab Hulu Sungai Tengah

Forkopimda HST Beri Penghormatan Kepada 89 Pahlawan di TMP Kesuma Bangsa

apahabar.com, BARABAI – Memperingati Hari Pahlawan 10 November di 2020 ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)…

Featured-Image
Bupati HST, HAChairansyah menaburkan bunga pada salah satu makam pahlawan di TMP Kesuma Bangsa, Selasa (10/11). Foto-Prokom HST for apahabar.com

bakabar.com, BARABAI – Memperingati Hari Pahlawan 10 November di 2020 ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Hulu Sungai Tengah (HST) berziarah ke makam pahlawan.

Ziarah dilakukan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa di Desa Pagat Kecamatan Batu Benawa.

Upacara, mengheningkan cipta hingga tabur bunga dilakukan oleh Forkopimda sebagai bentuk penghormatan kepada 89 jasad pahlawan di TMP.

img

Forkopimda HST melaksanakan upacara penghormatan kepada 89 pahlawan yang terbaring di TMP Kesuma Bangsa, Selasa (10/11). Foto-Prokom HST for bakabar.com

Inspektur Upacara, Bupati HST HA Chairansyah menyampaikan, walau ziarah digelar secara sederhana tapi tidak mengurangi makna dari peringatan Hari Pahlawan di tahun ini.

Ke TMP tersebut, tegas bupati bukan hanya untuk mengunjungi dan menabur bunga. Tetapi bertujuan untuk memanjatkan doa dan mengingat jasa pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

"Kegiatan ziarah ini mempunyai makna yang mendalam, karena dapat dijadikan sebagai sarana untuk memperkokoh persatuan kesatuan bangsa dan untuk meresapi perjuangan para pahlawan demi kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia," tegas bupati.

Dandim Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin melalui Plh Pasipers Kodim 1002 Barabai, Kapten Inf Rudi Hartono menyampaikan, hidup di zaman kemerdekaan ini tak lepas dari pengorbanan para pahlawan yang telah gugur.

Para pahlawan ini merebut kemerdekaan dari tangan penjajah, dengan segenap jiwa raga mereka berjuang demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sudah selayaknya, kata Rudi untuk menjunjung tinggi dan menghormati jasa-jasa para pahlawan.

“Isi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif untuk memajukan bangsa dan negara ini menuju Indonesia Maju," tutup Rudi.

Untuk diketahui, ada 89 jasad pahlawan yang terbaring di TMP Kesuma Bangsa ini. Dari TNI-AD 2 orang, Polri 2 orang, Pejuang Rakyat 79 orang dan warga sipil 6 orang.



Komentar
Banner
Banner