Olahraga

Finis Keempat di APRC 2023 Seri Kelima, Haji Rihan Tetap Puas

Hanya finis keempat, HM Rihan Variza cukup puas dengan penampilan di Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 seri kelima dan Kejurnas Rally 2023 putaran ket

Featured-Image
Mobil yang dikemudikan HM Rihan Variza melenting di tanjakan di SS 4 APRC 2023 seri kelima dan Kejurnas Rally 2023 putaran ketiga di Sumatera Utara. Foto: Sahabat Rally

bakabar.com, MEDAN - Hanya finis keempat, HM Rihan Variza cukup puas dengan penampilan di Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2023 seri kelima dan Kejurnas Rally 2023 putaran ketiga di Sumatera Utara.

Kedua event rally internasional dan nasional tersebut dilangsungkan berbarengan di Hutan Tanaman Industri Sektor Aek Nauli, Parapat, Simalungun, Sabtu hingga Minggu (23-24/9).

Disediakan 9 Spesial Stage (SS) yang dibagi dalam dua leg. Adapun leg pertama menempuh jarak 58,30 kilometer di Negeri Dolok, Huta Tunga dan Gorbus. Sedangkan leg kedua sejauh 53,05 kilometer.

Dari 9 SS, Rihan berhasil bercokol di peringkat keempat APRC seri kelima. Di sisi lain, pereli Kalimantan Selatan ini finish ketiga di Kejurnas Rally putaran ketiga.

Masih dengan Anthony Sarwono sebagai co-driver, pembesut mobil Ford Fiesta Rally2 tersebut membukukan total waktu 1:25:48,0.

"Alhamdulillah APRC dan Kejurnas Rally 2023 di Sumatera sudah usai," tulis Rihan melalui akun Instagram pribadi, Senin (26/9).

"Kami mendapatkan hasil baik dengan penuh perjuangan dan usaha, mengingat trek maupun cuaca sangat ekstrem," sambung pereli HRVRT BGM HBM BMB Mitra Ford ini.

Baca Juga: Usai Kejurnas Sprint Rally 2023 Putaran Keempat, Rihan Variza Puncaki Klasemen

Baca Juga: Juarai Kejurnas Rally di Kandang, Rihan Variza Langsung Fokus Seri Asia

APRC seri kelima sendiri dimenangi Sean Gelael bersama co-driver Hugo Magalhaes dari Portugal. Mengemudikan Hyundai i20 N Rally2, pereli Jagonya Ayam ini menorehkan total waktu 1:21:53,0.

Berbekal pengamalan bertahun-tahun di dunia motorsport, Sean Gelael nyaris selalu unggul di setiap SS.

Kecuali SS 4 di Negeri Dolok. Sean sempat melintir dan terhenti sejenak, sebelum kemudian mampu memperbaiki posisi mobil dan melanjutkan balapan.

Gara-gara insiden tersebut, Sean menempati peringkat kelima dan tertinggal 12,3 detik dari H Rihan Variza yang menjadi tercepat di SS 4.

Berdasarkan perhitungan total waktu dari 9 SS, Sean mengungguli H Rahmat dari LFN Sederhana Motorsport. Mengendarai mobil yang sama dengan Sean Gelael, Rahmat berada di urutan kedua dengan total waktu 1:25:18,0.

Meski hanya finis kedua, Rahmat berhak menjadi pemenang Kejurnas Rally seri ketiga. Penyebabnya sejak awal keikutsertaan Sean Gelael hanya di APRC, sehingga tak masuk entry list Kejurnas Rally.

Bahkan atas keberhasilan di seri ketiga, Rahmat cukup nyaman di puncak klasemen Kejurnas Rally 2023 yang menyisakan satu seri lagi.

Sedangkan pereli tuan rumah, Musa Rajekshah, menempati peringkat ketiga. Dengan mobil Skoda Fabia Rally2, pereli Bla Bla Motosport ini terpaut 14 detik dari Rahmat.

Editor


Komentar
Banner
Banner