Festival Gandrung Sewu

Festival Gandrung Sewu 2023 Sukses digelar, TNI AU Ikut Partisipasi

Festival Gandrung Sewu kembali digelar di pantai Boom, Banyuwangi pada Sabtu (16/9) diikuti 1.200 penari dan 150 talenta pendukung.

Featured-Image
Ribuan Penari tampak fokus menampilkan atraksi dalam gelaran festival Gandrung Sewu, 16/9 (foto:apahabar.com)

bakabar.com, BANYUWANGI - Festival Gandrung Sewu kembali digelar di pantai Boom, Banyuwangi pada Sabtu (16/9). Pertunjukan tari kolosal Gandrung itu diikuti oleh 1.200 penari dan 150 talenta pendukung.

Selain itu, festival tahunan turut dimeriahkan dengan atraksi seni berkelas dunia oleh pasukan TNI Angkatan Udara yang melakukan manuver di udara.

Dengan mengusung tema Omprog: The Glory of Art, Festival Gandrung Sewu diapresiasi sebagai ikon wisata nasional oleh Menteri Sandiaga Uno melalui sambutannya secara virtual.

“Festival Gandrung Sewu layak menjadi ikon seni Indonesia,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno.

Baca Juga: Ruko di Banyuwangi Terbakar, Kerugian Capai 700 Juta

Pada kesempatan itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menjelaskan, Festival Gandrung Sewu tak semata persoalan pertunjukan. Pertunjukan itu menjadi konsolidasi kebudayaan masyarakt Banyuwangi.

Ipuk mengenang betapa sulitnya mencari seribu penari gandrung pada saat pertama kali festival tersebut dihelat. Berbeda dengan sekarang, ribuan anak-anak muda antusias mengikuti seleksi di masing-masing kecamatan agar bisa tampil.

“Saat ini menari Gandrung menjadi kebanggaan bagi anak-anak muda," papar Ipuk Fiestiandani kepada bakabar.com, Sabtu (16/9).

Senada, Ketua Dewan Kesenian Blambangan Hasan Basri menjelaskan peran omprog atau mahkota pada penari gandrung sarat dengan makna. Setiap bagiannya menyimpan simbol tertentu. Ada pilisan, bathukan, ombyok, kether, nanasan hingga gatutkaca berbadan naga.

Baca Juga: KPU Banyuwangi Terima Kirab Bendera Parpol dari Provinsi Bali

“Bagian-bagian tersebut menyiratkan makna kehidupan yang senantiasa dinamis. Kehidupan yang harus selalu mengarah kepada kebaikan,” terangnya.

Festival Gandrung Sewu tahun ini, selain dimeriahkan dengan atraksi dari TNI AU dalam rangkaian Semarak Dirgantara, juga turut menampilkan sejumlah kemampuan udara para prajurit TNI AU.

Ada penampilan 15 penerjun pembawa bendera, Flypast 4 pesawat tempur EMB-314 Super Tucano dan Flypast 3 pesawat tempur T-50i Golden Eagle. Hal itu semakin menambah kemeriahan pagelaran yang pertama kali dihelat pada tahun 2012 lalu.

Editor
Komentar
Banner
Banner