Borneo Hits

Usai Tampil di IKN, Pesawat Jupiter Aerobatic Team TNI AU Beraksi di Langit Kalsel

Tim aerobatik Jupiter TNI Angkatan Udara (AU) melakukan atraksi di langit Kalimantan Selatan. Tepatnya di Landasan Udara Sjamsudin Noor Banjarmasin, Banjarbaru,

Featured-Image
Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI AU melakukan atraksi di Lanud Sjamsudin Noor Banjarmasin, Banjarbaru, Minggu (18/8). Foto: bakabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Setelah lama ditunggu, Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara (AU) melakukan atraksi di langit Kalimantan Selatan, tepatnya di Lanud Sjamsudin Noor Banjarmasin, Banjarbaru, Minggu (18/8).

Penampilan tersebut dilakukan setelah mereka beraksi di Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, seusai upacara pengibaran bendera di Istana Negara Nusantara, Sabtu (17/8).

Tidak mengherankan kalau aksi Jupiter TNI AU sudah ditunggu ribuan masyarakat Kalsel. Mereka rela menahan terik matahari di sekitar Lanud Sjamsudin Noor sejak pukul 09.00 Wita.

Untungnya penantian mereka tidak percuma, karena aksi aerobatik menggunakan pesawat F-16 dan KT-1B itu terbilang sukses.

"Alhamdulillah kami berhasil mendarat sempurna di Banjarbaru setelah melakukan display dengan lima manuver," papar Idam Satria, leader Jupiter 1.

Kelima manuver yang dilakukan di antaranya aerohead fast, delta fast dan eagle fast, "Semuanya sudah dipersiapkan dengan baik dan semoga masyarakat Kalsel terhibur," beber Idam.

Penampilan JAT TNI AU di Lanud Sjamsudin Noor merupakan rangkaian memeriahkan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan dan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Mereka sengaja diundang untuk menghibur warga Kalsel. Sebelumnya mereka  memeriahkan upacara pengibaran bendera di IKN," jelas Danlanud Sjamsudin Noor Banjarmasin Kolonel (Pnb) Sri Raharjo.

Sebelum tampil di Lanud Sjamsudin Noor, JAT berangkat dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Adapun dalam perjalanan menuju IKN, mereka juga sempat singgah di Lanud Sjamsudin Noor, Jumat (9/8), setelah menempuh perjalanan dari Lanud Adi Sucipto Yogyakarta. 

Editor


Komentar
Banner
Banner