Fenomena El Nino

Fenomena El Nino, Nelayan Jateng Dihimbau Gunakan Aplikasi

Nelayan di Jateng dihimbau menggunakan aplikasi untuk memaksimalkan tangkapan ikan. Tujuannya membantu pemerintah dalam ketahanan pangan saat El Nino.

Featured-Image
Ilustrasi nelayan. (Foto: Shutterstock)

bakabar.com, JAKARTA - Nelayan di Jawa Tengah (Jateng) dihimbau menggunakan aplikasi untuk memaksimalkan tangkapan ikan. Tujuannya membantu pemerintah dalam ketahanan pangan saat ada ancaman dampak fenomena El Nino.

El Nino merupakan fenomena cuaca yang terjadi akibat peningkatan suhu permukaan air di wilayah Samudra Pasifik Tengah dan Timur. Sehingga suhu menjadi lebih hangat dan musim kemarau lebih lama.

Berdasarkan prediksi BMKG, fenomena El Nino juga akan berdampak pada kesediaan pangan di daratan. Namun, El Nino tidak terlalu berdampak pada sektor perikanan tangkap di laut.

Karenanya, Pemerintah Provinsi Jateng mengimbau para nelayan menggunakan aplikasi sistem informasi cuaca maritim atau Indonesian Weather Information for Shipping (Ina-WIS). Agar tangkapan ikan menjadi maksimal saat fenomena El Nino dan bisa menjadi pengganti makanan yang tersedia di darat.

“Pemprov Jateng selalu menggemakan untuk gemar makan ikan dan kita itu punya potensi yang besar,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno saat membuka Sekolah Lapang Cuaca di Semarang dilansir dari Antara, Rabu (10/8).

Kepala BMKG Wilayah 2 Hartanto menambahkan, aplikasi Ina-WIS bisa digunakan nelayan sebelum melaut. Melalui aplikasi Ina-WIS, para nelayan dapat mendeteksi wilayah yang berpotensi terdapat banyak ikan.

“Bisa dioptimalkan kemana harus mencari ikan secara tepat sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan,” ujar Hartanto.

Editor


Komentar
Banner
Banner