Profil Stadion 974

Stadion 974, Venue Piala Dunia Qatar 2022 yang Dibuat Dengan Tumpukan Kontainer

Stadion 974 merupakan salah satu Venue yang akan menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar

Featured-Image
Stadion 974 salah satu venue pertandingan Piala Dunia Qatar 2022

bakabar.com, JAKARTA - Stadion 974 atau yang dikenal juga dengan nama stadion Ras Abu Aboud yang berada di kota Doha, Qatar akan menjadi salah satu venue perhelatan Piala Dunia Qatar 2022.

Stadion 974 menjadi satu dari delapan stadion yang akan menyelenggarakan Pesta Sepak bola terbesar di dunia yang akan dimulai bulan November mendatang.

Stadion 974 sendiri merupakan salah satu stadion baru yang dibangun pemerintah Qatar usai resmi ditunjuk sebagai tuan rumah pada tahun 2010 silam.

Usai penunjukan tersebut, lantas membuat Qatar mulai membenah dan mempersiapkan segala fasilitas terbaik, terutama di sektor stadion.

Menjelang digelarnya Piala Dunia Qatar 2022 nanti, fakta-fakta unik tentang salah satu venue stadion Piala Dunia Qatar 2022 menarik untuk dibahas.

Stadion 974 terbuat dari kontainer yang mudah dibongkar pasang.

Stadion ini dibangun dengan menggunakan bagian kontainer yang sering digunakan untuk tempat menyimpan barang-barang untuk pengiriman dan baja modular yang mencerminkan sejarah maritim Qatar.

Selain itu, stadion 974 dapat dibongkar pasang. Hal tersebut menunjukkan komitmen Qatar terhadap keberlanjutan yang hemat biaya dan desain baru.

Nama 974 terinspirasi dari kode panggilan international Qatar.

Stadion 974 sebelumnya bernama stadion Ras Abu Aboud. Lalu berubah menjadi stadion 974 setelah selesai masa pembangunannya.

Tetapi ada hal menarik dalam penamaan stadion 974 ini, sangat jarang stadion yang memakai angka dalam penamaan stadion tersebut.

Ternyata, arti 974 merupakan kode panggilan international untuk Qatar. Selain itu, nama 974 sendiri mencerminkan posisi strategis stadion 974 sebagai pintu gerbang masuknya ke Qatar.

Sebagai tambahan informasi, stadion 974 ini berada di dekat Bandara International Hamad, Bandara Doha dan Pelabuhan Doha.

974 jadi satu-satunya stadion yang mengusung konsep pendinganan alami (tanpa AC) di Qatar.

Stadion 974 menargetkan sertifikasi sistem penilaian keberlanjutan Global bintang lima untuk desain dan kontruksinya.

Karena desainnya yang inovatif dan berada di tepi laut, stadion 974 ini berventilasi alami. Maka dari itu stadion 974 tidak menggunakan teknologi pendinginan ruangan.

Akses yang sangat mudah

Stadion 974 ini berada di lokasi yang sangat strategis. Jaraknya yang hanya 4 km dari Bandara International Hamad.

Selain itu, juga sangat dekat lokasinya dengan Bandara Doha dan Pelabuhan Doha. Lebih lanjut stadion 974 ini juga mudah diakses dengan Doha Metro salah satu transportasi umum yang ada di Qatar.

Editor


Komentar
Banner
Banner