Fakta Samsung

Fakta Menarik Samsung, Dulu Jualan Mie Kini Paling Disegani

Siapa yang tidak kenal dengan Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling terkenal di dunia.

Featured-Image
Fakta menarik seputar Samsung. (Foto: dok. Saur Energy)

bakabar.com, JAKARTA - Siapa yang tidak kenal dengan Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan itu merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar dan paling terkenal di dunia.

Belum lagi setelah perusahaan tersebut mengeluarkan produk terbaru Galaxy S23, popularitas dari Samsung kian meroket.

Bagaikan pepatah tak kenal tanda tak sayang, berikut ini 20 fakta menarik buat kamu yang ngaku pecinta Samsung. Yuk kita simak satu per satu.

1. Bila sekarang dikenal dengan deretan produk elektronik, awal bisnis Samsung menjual mie dan produk lainnya. Baru pada 1970, perusahaan menjual produk listrik pertamanya, yakni TV hitam putih berukuran 12 inci.

2. Sebelum menggunakan logo Samsung sekarang, perusahaan ternyata mengubah logo mereka sebanyak tiga kali. Adapun logo saat ini diperkenalkan pada 2005, dimana sebelumnya ada 7 logo lain sebelumnya.

Baca Juga: Buntuti Samsung, Apple Menjadi Ponsel Terpopuler Kedua di Asia

3. Pendiri Lee Byung-chul mengatakan, Samsung merupakan gabungan dari kata Korea, yakni sam (tiga) dan sung (bintang). Konon, simbol tiga bintang mewakili sesuatu yang "besar, banyak, dan kuat".

4. Samsung menjadi salah satu perusahaan terdepan dalam hal teknologi, dimana mereka menciptakan TV digital pada 1998, ponsel jam tangan (1999), home theater 3D (2010), dan ponsel dengan layar lengkung pertama di dunia, Galaxy Note 3 pada tahun 2013.

5. Samsung SCH-100 yang diluncurkan 1996 menjadi ponsel pertama dengan teknologi CDMA. Dibandingkan 4G/LTE saat ini, CDMA memang kalah jauh saat ini.Akan tetapi, kala itu CDMA tampil lebih unggul ketimbang teknologi GSM.

6. Samsung memang bukan perusahaan pertama yang membuat smartphone, tetapi mereka adalah salah satu pemain pertama di pasaran tersebut.Perusahaan memperkenalkan ponsel PDA pertamanya, yaitu SPH-i3000 pada 2001.

Baca Juga: Samsung Galaxy S23 Bisa Dipesan di Blibli dengan Beragam Promo

7. Divisi konstruksi Samsung diketahui berperan besar dalam membangun gedung pencakar langit Burj Khalifa di Dubai, gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 2.722 kaki.

8. Mengutip Sammobile, Senin (6/3), Samsung Grup memiliki 266,673 karyawan yang tersebar di dunia.

9. Berdasarkan laporan Insider, Samsung menyumbang sekitar 17 persen dari penghasilan Produk Domestik Bruto Korea.

10. Pada tahun 2016, Samsung mengirimkan 306 juta unit ponsel ke seluruh dunia yang meningkat dari 283,1 juta unit dibandingkan tahun 2010.

11. Beberapa dari Anda pasti beranggapan Galaxy S series menjadi ponsel paling laris di pasaran milik Samsung. Akan tetapi, perusahaan meraup untuk besar lewat feature phone Samsung E1110 yang dirilis pada 2009. Saat produksi ponsel berakhir pada 2012, Samsung telah menjual 15 juta unit, dan mengantongi label ponsel terlaris ke-6 sepanjang masa.

Baca Juga: Mantap! Baterai Samsung Galaxy S23 Ultra Kuat Digunakan hingga 2 Hari

12. Samsung S3 pernah terjual sebanyak 500 unit per menit setelah diluncurkan ke pasaran.

13. Selain membuat perangkat elektronik, Samsung diketahui pernah merakit jet tempur pertama mereka, yakni KF-16 untuk Angkatan Udara Korea Selatan.

14. Semua produk Samsung sejak 2013 menerima serifikasi lingkungan standar global.

15. May 2017, Samsung mengantongi izin untuk melakukan uji coba kendaraan otonomos di Korea Selatan.

16. Samsung juga menjadi perusahaan teknologi dengan daftar paten terbanyak, dibandingkan perusahaan lain di dunia dengan 7670 paten di AS.

Baca Juga: Spesifikasi Samsung Galaxy M14 Terungkap, Pakai Chipset Exynos Octa-Core

17. Agustus 2016 menjadi tahun paling 'gelap' bagi Samsung, karena perusahaan harus menarik 2,5 juta Galaxy Note 7 dari pasaran karena kasus kerusakan di baterai ponsel.

18. Pada Januari 2017, pimpinan Samsung Lee Jae-yong, diinterogasi sebagai bagian dari skandal korupsi politik terbesar di Korea Selatan, berdasarkan laporan BBC.

19. Februari 2017, Samsung menjadi produsen TV pertama yang memperkenalkan TV QLED mampu mencapai volume warna 100 persen. Ini berarti tampilan di layar lebih nyata dan detail.
Dari awal yang sederhana pada 1938 hingga menjadi perusahaan terkenal di dunia, Samsung memang sudah berkembang dengan pesat.

20. Samsung S8 menjadi ponsel pertama perusahaan yang menggunakan teknologi AI Bixby, guna bersaing dengan Cortana (Microsoft) dan Siri (Apple).

Editor


Komentar
Banner
Banner