Tak Berkategori

Erick Thohir Ungkap Dampak Mengerikan Covid-19 ke Kinerja BUMN

apahabar.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah membuat babak belur BUMN sektor strategis. Menteri BUMN, Erick Thohir,…

Featured-Image
Erick Thohir. Foto-Istimewa

bakabar.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 telah membuat babak belur BUMN sektor strategis.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan untuk kinerja tahun ini, mayoritas pendapatan dari BUMN strategis akan turun. Bahkan penurunannya bisa mencapai 60% dibandingkan dengan kondisi normal.

“BUMN strategis dan terdampak Covid-19 ini tentu ada kehilangan pendapatan yang cukup besar dan 90% terdampak,” kata Erick saat rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (30/11/2020).

Tak hanya tahun ini, penurunan kinerja diperkirakan juga akan berlanjut ke tahun depan, meski penurunannya tak akan sebesar tahun ini.

“Kalau kita lihat di tahun ini koreksinya sampai 60%. Tahun depan masih ada koreksi 30%,” ungkapnya.

Hal ini sudah berkali-kali disampaikan Erick. Sebelumnya dia juga menyebut setoran dividen BUMN kepada pemerintah akan turun drastis untuk kinerja 2020.

“Dengan kondisi BUMN sekarang 90% terpukul yang tadinya kita bisa dividen Rp 40 triliunan, mungkin tahun ini hanya 25%. Tapi kita upayakan lebih baik lah,” kata Erick beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk realisasi pada 2019, dividen yang berhasil disetorkan ke negara nilainya mencapai Rp 37,7 triliun dimana senilai Rp 18,4 triliun disumbangkan oleh BUMN perbankan.



Komentar
Banner
Banner