BBM Subsidi Pertalite

Erick Thohir Bantah Isu Penghapusan Pertalite

Menteri BUMN Erick Thohir membantah adanya isu penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU milik Pertamina pada 2024.

Featured-Image
Menteri BUMN Erick Tohir saat ditemui di galeri koperasi dan UKM Kota Tangsel, Kamis, (7/9). Foto: Rizky Dewantara

bakabar.com, TANGSEL - Menteri BUMN Erick Thohir membantah adanya isu penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di SPBU milik Pertamina pada 2024.

”Saya tegaskan tidak ada statemen itu, kita tidak pernah menyebut Pertalite dihapuskan pada 2024. Namun kami meminta penggunaan bensin subsidi bisa tepat sasaran untuk kelompok masyarakat berpenghasilan menengah," ungkap Erick kepada wartawan di galeri koperasi dan UKM Kota Tangsel, Kamis, (7/9).

Erick justru meminta dilakukan efisiensi penggunaan Pertalite. Salah satu caranya adalah orang yang masuk kategori mampu tidak lagi membeli dan menggunakan kembali Pertalite.

Baca Juga: Pembatasan Pertalite, Pertamina Masih Uji Coba di Empat Wilayah

Ia juga menegaskan sampai saat ini persediaan Pertalite di pasaran masih tersedia. BBM jenis pertalite tersebut, kata Erick, ketersediaan tetap terjaga khususnya untuk masyarakat menengah ke bawah.

"Intinya tidak ada penghapusan BBM jenis Pertalite," katanya.

Meski begitu, ia juga mendorong masyarakat agar menggunakan bahan bakar yang bersumber dari bio etanol untuk menekan polusi udara.

Baca Juga: Soal Pembatasan Pertalite, Pertamina: Masih Tunggu Arahan Pemerintah

Erick juga mencontohkan negara Brazil telah menerapkan penggunaan bahan bakar yang bersumber dari bio etanol.

"Sekarang sudah ada campuran BBM dengan bio etanol karena itu bagus. Di Brazil 67 persen mobil sudah pakai bio etanol makanya langitnya biru tidak seperti di sini," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner