Sport

Enam Kali ke Final Piala AFF, Saatnya Timnas Indonesia Juara

apahabar.com, JAKARTA – Sudah enam kali menjejak final Piala AFF, tampaknya sekarang menjadi momen yang tepat…

Featured-Image
Ezra Walian melakukan selebrasi, seusai mencetak gol pembuka Timnas Indonesia ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12) malam. Foto: Detik

bakabar.com, JAKARTA – Sudah enam kali menjejak final Piala AFF, tampaknya sekarang menjadi momen yang tepat untuk Timnas Indonesia menjadi juara.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020, setelah mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 atau agregat 5-3 dalam pertandingan semifinal leg kedua yang alot dan penuh drama di National Stadium, Sabtu (25/12).

Pertandingan harus diselesaikan dengan babak tambahan, setelah waktu normal berakhir dengan skor 2-2.

Indonesia sebenarnya unggul lebih dulu melalui Ezra Walian di menit 11, tapi dapat disamakan Song Ui-young di menit 45+4.

Shahdan Sulaiman membawa Singapura berbalik unggul di menit 74, sebelum gol Pratama Arhan di menit 87 menyelamatkan Indonesia dari kekalahan.

Lantas di babak tambahan, Indonesia diuntungkan gol bunuh diri Shawal Anuar di menit 91. Kemenangan Indonesia akhirnya dikunci gol Egy Maulana Vikri di menit 105.

Dalam pertandingan itu, Singapura menyelesaikan pertandingan dengan 8 pemain akibat tiga kartu merah.

Safuwan Baharudin diusir wasit di injury time babak pertama, disusul Irfan Fandi di menit 66. Kemudian di akhir babak tambahan, giliran Hassan Suny yang diganjar kartu merah.

Terlepas dari drama sepanjang 120 menit, Timnas Indonesia akhirnya bisa menyingkirkan Singapura di semifinal.

Meski sudah 60 kali berhadapan di berbagai kompetisi, Indonesia baru 2 kali menghadapi Singapura di semifinal Piala AFF.

Dalam pertemuan pertama di edisi 1998, sebiji gol Miro Baldo Bento tak mampu menyelamatkan Timnas Indonesia dari kekalahan 1-2.

Dengan demikian, Timnas Indonesia tercatat sudah enam kali mencapai final turnamen yang sebelumnya bernama Piala Tiger ini setelah edisi 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Namun dari lima kesempatan berlalu, Indonesia harus selalu puas menjadi runner up. Singapura termasuk salah satu negara yang menjegal asa juara Garuda, ketika bertemu di final Piala AFF 2004.

Sementara Thailand tercatat tiga kali mengalahkan Indonesia di final. Satu kegagalan lain ditemui dalam pertandingan melawan Malaysia di final Piala AFF 2010.

Untuk melepas dahaga juara di Piala AFF 2020, Indonesia harus mengalahkan Thailand atau Vietnam yang akan melakoni leg kedua semifinal, Minggu (26/12).

Thailand lebih diunggulkan melangkah ke final, karena sudah mengantongi kemenangan 2-0 di leg pertama.

Penuh Drama, Timnas Indonesia Melangkah ke Final Piala AFF 2020



Komentar
Banner
Banner