Ekspor Hasil Laut

Empat Kabupaten Papua Bakal Ekspor Ikan ke Jepang

Empat kabupaten di Papua melakukan ekspor langsung hari perikanan ke Jepang. Pengiriman melalui Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Featured-Image
Nelayan Orang Asli Papua sedang memindahkan ikan dari jaring di kawasan Pelabuhan Pendaratan ikan Fandoi, Distrik Biak Kota, Papua. Foto: Antara/Muhsidin

bakabar.com, JAKARTA - Empat kabupaten di Papua melakukan ekspor langsung hari perikanan ke Jepang. Pengiriman melalui Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Empat kabupaten itu adalah; Biak Numfor, Sarmi, Waropen dan Kepulauan Yapen. Keempatnya merupakan penyelenggara Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023, November nanti.

"Kami targetkan ekspor langsung hasil perikanan dan kelautan dari Bandara Biak ke Narita Jepang sebanyak 30 ton pada kegiatan STC di bulan November," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Biak Numfor Effendi Igirisa, Senin (23/10).

Biak menyiapkan tuna segar yellow fins. Sedangkan Sarmi, tenggiri. Lalu untuk, ikan baramundi dan Waropen jenis kepiting.

Baca Juga: Udang Dominasi Ekspor Hasil Laut Indonesia

Kata Effendi, untuk ekspor langsung hasil perikanan dan kelautan empat kabupaten itu dijadwalkan bakal dilepas Presiden Joko Widodo. Rencananya dilakukan pada momen STC.

"Panitia terus mendorong tiga kabupaten lain penyelenggara STC Biak bisa bersama-sama ekspor hasil perikanan," ucapnya.

Selain ekspor ikan di STC, penyelenggara STC juga akan menggelar festival. Yakni makan ikan tuna khas Jepang sashimi.

Dalam festival nanti, penyelenggara menyiapkan sebanyak 10 ribu porsi sashimi tuna. Semua bisa dimakan secara gratis pengunjung dan wisatawan.

Editor


Komentar
Banner
Banner