Kalteng

Emak-Emak di Kapuas Kuala Kalteng Dilatih Membuat Abon Ikan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Anggota tim penggerak PKK desa di Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Kalteng,…

Featured-Image
Anggota tim penggerak PKK desa di Kecamatan Kapuas Kuala, Kalteng, mengikuti pelatihan pembuatan abon ikan. Foto-Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Anggota tim penggerak PKK desa di Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Kalteng, belum lama ini dilatih cara membuat abon ikan.

Pelatihan pembuatan abon ikan tersebut diharapkan akan menjadi usaha tambahan bagi ibu-ibu, sehingga dapat mengangkat pendapat keluarga dan mengurangi tingkat penganguran di desa.

Kepala Dinas Perundagkop dan UKM Kapuas, Batu Panahan mengatakan disamping pelatihan pengolahan ikan menjadi abon, peserta pelatihan juga diberikan pemahaman bagaimana melakukan pengemasan dan pemasaran.

“Sehingga pada saat produk dihasilkan, dapat diterima oleh masyarakat dan sudah tentu dengan kualitas yang terbaik," katanya di Kuala Kapuas, Selasa (17/11).

Dalam pelatihan itu peserta juga diberikan bantuan berupa alat-alat kelengkapan seperti kompor gas, wajan dan peralatan penunjang lainnya.

“Selain pembuatan abon Ikan juga ada pelatihan pembuatan keripik pisang dan keterampilan dasar lainnya yang disampaikan oleh Kristina Tuswiyani selaku Instruktur,” ujar Batu Panahan.

Sementara itu Camat Kapuas Kuala, Inop, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perindagkop UMKM Kapuas yang telah melaksanakan pelatihan tersebut.

“Kami ucapkan terika kasih dan semoga kegiatan ini nantinya berdampak pada meningkatkannya pendapatan masyarakat di Kecamatan Kapuas Kuala,” ucapnya.

Ditambahkam Inop bahwa di wilayah Kecamatan Kapuas Kuala terdapat beberapa potensi yang sangat menonjol diantarnya ikan tambak.

“Termasuk juga hasil tangkapan ikan dilaut serta padi, disamping potensi - potensi lainnya," pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner