Sport

Elkan Baggott Batal Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Berikut Alasannya

Sempat diharapkan bergabung, Elkan Baggott dipastikan batal memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Featured-Image
Elkan Baggott menjadi pemain Indonesia pertama yang bermain di Piala FA. Foto: TheThao

bakabar.com, JAKARTA - Sempat diharapkan bergabung, Elkan Baggott dipastikan batal memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Bek tengah Gillingham FC tersebut memilih fokus bersama klub yang masih berjuang menghindari zona degradasi di League Two Liga Inggris, Carabao Cup dan Piala FA musim 2022/2023.

Khusus di Piala Carabao, Gillingham akan melawan Wolverhampton Wanderers, Selasa (20/12). Mereka juga bersua Leicester City di putaran ketiga Piala FA, Sabtu (7/12).

Sementara di League Two, Gillingham sedang dalam posisi tidak baik-baik saja. Hingga pekan 21, mereka terbenam di dasar klasemen kompetisi kasta keenam Liga Inggris tersebut.

"Kami selalu mendukung pemain soal keputusan yang diambil, terutama apabila mendapat kesempatan bermain di depan banyak orang," papar pelatih Gillingham, Neil Harris, dikutip dari JPNN.

Diketahui Elkan Baggott merupakan pemain yang dipinjam Gillingham dari Ipswich Town. Artinya untuk bermain di Piala AFF, si pemain juga mesti direstui klub utama.

Faktanya Ipswich Town sebenarnya tidak keberatan, seandainya Elkan Baggot ingin membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

"Apabila Elkan ingin membela Indonesia, Gillingham dan Ipswich akan memberikan dukungan. Namun si pemain sudah membuat keputusan," imbuh Neil Harris.

Sementara Manajer Ipswich Town, Kieran McKenna, menganggap Elkan Baggott telah mengambil keputusan tepat demi masa depan karier profesional.

Sebelumnya sudah dilakukan pembicaraan antara Ipswich, Gillingham, dan pelatih Shin Tae-yong untuk membahas kemungkinan Baggott memperkuat Timnas Indonesia.

"Sudah terjadi diskusi di antara ketiga pihak. Tentu ini keputusan sulit, karena Elkan juga sangat peduli untuk Timnas Indonesia," cetus Kieran McKenna dikutip dari Goal.

"Kami berharap Elkan dapat terus menjalani musim dengan baik dan berkembang sebagai pemain. Kami ingin Elkan menjadi bagian masa depan Ipswich dan Timnas Indonesia," imbuhnya.

Piala AFF 2022 mulai 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Timnas Indonesia mengawali dengan melawan Kamboja di grup A, Jumat (23/12) di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang menghadapi Brunei Darussalam, lalu menjamu Thailand, Kamis (29/12). Adapun pertandingan terakhir menghadapi Filipina.

Editor


Komentar
Banner
Banner