Ekbis Sepekan

EKBIS SEPEKAN: Pakuwon Tak Kunjung Membangun di IKN hingga Penanganan Perubahan Iklim

Sejumlah pemberitaan ekonomi-bisnis (ekbis) dalam sepekan terakhir didominasi persoalan investasi.

Featured-Image
Maket desain Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara. Foto: Antara/Aji Cakti

bakabar.com, JAKARTA - Sejumlah pemberitaan ekonomi-bisnis (ekbis) dalam sepekan terakhir didominasi persoalan investasi.

Redaksi bakabar.com mencoba merangkum sederet berita unggulan terpopuler dalam sepekan terakhir. Mulai dari PT Pakuwon yang tak kunjung membangun di IKN hingga basa-basi pemerintah mendorong pemda terlibat dalam mengatasi perubahan iklim.

1. Alasan Pakuwon Tak Kunjung Membangun Usai Groundbreaking

Ibu Kota Nusantara (IKN) - apahabar
Suasana pembangunan kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Foto: Antara/Sigid Kurniawan/rwa.

Presiden Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, Alexander Stephanus Ridwan mengungkapkan meski sudah melalui proses groundbreaking, namun pihaknya tak kunjung melakukan pembangunan superblock Pakuwon di lahan Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Sekarang perencanaannya sudah hampir final, itu kan arsitektur sama konstruksinya masih jalan dulu," terang dia di Jakarta, Jumat (1/12).

Baca selengkapnya...

2. Resmi Turun! Cek Harga BBM Pertamina Desember 2023 se-Indonesia

SPBU pertamax
Harga BBM per 1 November 2023 berpotensi naik lagi. Foto: Antara

PT Pertamina (Persero) kembali melakukan penyesuaian harga pada Jumat (1/12).

"PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum," tulis Pertamina.

Baca selengkapnya...

3. Keren! Akhirnya Motor Listrik Asal Indonesia Dipasarkan di Malaysia

Motor listrik subsidi - bakabar.com
AISMOLI optimis target penjualan motor listrik 200 ribu unit di Indonesia bisa tercapai tahun 2024. Foto: Harun/bakabar.com

Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Budihardjo Iduansjah mengaku optimis dengan potensi pasar otomotif dalam negeri, khususnya dalam persaingan pasar internasional.

Hal ini seiring dengan mulai diekspornya motor listrik merk lokal pertama bernama United dari Indonesia. Adapun negara tujuan ekspornya tertuju di Malaysia.

"Merk motor kita sudah sampai ekspor ke Malaysia. Jadi, sebenarnya industri ini (united) akan menjadi merk lokal otomotif pertama Indonesia yang terekspor," katanya kepada wartawan, selepas Inabuyer Electric Vehicle (EV) EXPO 2023, Jakarta, Selasa (28/11).

Baca selengkapnya..

4. Tiga Direksi Unilever Mundur, Buntut Boikot Produk Pro Israel?

Ilustrasi PT Unilever Indonesia Tbk. Foto: Shutterstock
Ilustrasi PT Unilever Indonesia Tbk. Foto: Shutterstock

Produk emiten consumer goods PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) tengah menjadi sorotan selepas diterpa seruan boikot produk pro Israel. Hal itu membuat internal manejemen PT Unilever Indonesia Tbk mengalami keguncangan dengan mundurnya tiga direksi Unilever.

Senior Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta mengungkapkan mundurnya tiga direksi itu tak lepas dari seruan boikot produk pro Israel yang telah membawa performa kinerja Unilever mengalami penurunan yang drastis.

"Investor menantikan performa kinerja Unilever karena di tahun ini saja secara ironi itu penjualannya mengalami penurunan signifikan," kata Nafan kepada bakabar.com, Senin (27/11).

Baca selengkapnya...

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner