Tak Berkategori

Duo Pimpinan IKN Nusantara Sowan ke Jaksa Agung, Bahas Apa?

apahabar.com, JAKARTA – Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono melakukan pertemuan dengan Jaksa…

Featured-Image
Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono bertemu Jaksa Agung ST Burhanuddin. Foto-detikcom

bakabar.com, JAKARTA Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono melakukan pertemuan dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Pertemuan ini dalam rangka konsultasi untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik di IKN nantinya.

“Saya dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara pagi hari ini melakukan koordinasi dan juga konsultasi dengan bapak Jaksa Agung beserta jajaran. Khususnya dalam rangka kita semua membuat satu tata kelola yang baik untuk organisasi IKN,” kata Bambang di Kantor Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (17/3/2022).

Bambang mengatakan organisasi di IKN kini tengah digodok sedemikian rupa agar sesuai dengan apa yang diharapkan. Dia mengaku memiliki batas waktu hingga akhir 2022 dalam membentuk organisasi di IKN.

“Kita upaya bersama saat ini organisasi itu tersebut sedang digodok, dimatangkan, dan pada nantinya organisasi tersebut diharapkan dapat up dan running, dapat beroperasi, kalau ketentuan undang-undang memang kami diberikan waktu hingga akhir tahun 2022 itu untuk membentuk organisasi IKN ini. Namun, tentu saja kita akan berupaya lebih cepat,” katanya, Detik.com.

Selanjutnya, Bambang meminta Kejagung untuk melakukan pendampingan dalam membentuk tata kelola pemerintahan yang baik. Dia menyebut nantinya para Jaksa Agung Muda akan terintegrasi dengan tim transisi.

“Nah ada bagian yang penting tadi yang saya dengan pak Jaksa Agung beserta Jamdatun dan Jamintel dan para jaksa pemuda yang lain yaitu dari awal kita ingin mengawal agar proses governance tata kelola itu benar-benar dijaga dengan baik,” ujarnya.

“Jadi mumpung sekarang organisasi kita sedang selesaikan, dari awal ini nanti akan ada tim transisi dan keterbiasaan dari bapak-bapak Jaksa Agung Muda ini dalamnya akan dari awal akan terintegrasi. Jadi saya kira itu yang tadi sudah kami sampaikan dan juga kolaborasikan dan komunikasikan dengan bapak Jaksa Agung,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Jaksa Agung Muda Perdata Tata Usaha Negara (Jamdatun) Feri Wibisono menyampaikan bahwa Kejagung mendukung dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik ini. Feri menyebut pihaknya akan melakukan pendampingan dengan serius.

“Dalam kunjungan ini dari sisi kejaksaan mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan oleh IKN kepala IKN beserta organisasi baik itu di pusat dalam tingkat Jamdatun maupun di daerah wilayah Kejaksaan Tinggi Kaltim, baik menyangkut tentang pendampingan serta pengawalan proyek strategis nasional,” kata Feri.

“Sungguh-sungguh ini harus kita jaga bersama dan baik itu menyangkut penyusunan peraturan-peraturan menjadi kewenangan Pak Kepala IKN termasuk juga berkaitan juga dengan policy drafting-nya, termasuk pendampingan kontrak-kontrak drafting, kami mensupport penuh,” tambahnya.

Selanjutnya, Feri mengatakan bahwa pihaknya juga akan terintegrasi dengan tim transisi, yang nantinya bakal membantu kementerian terkait untuk membentuk program-program yang ada di IKN.

“Tadi memang para Jaksa Agung Muda ini, memang akan nanti langsung masuk apa yang disebut tim transisi yang sedang digodok oleh kementerian sekretariat negara, dan dari sana kita nanti akan bersama-sama, tidak hanya dari kami, dari PU, tapi juga dari kementerian lain yang cukup dominan program-progamnya yang ada di IKN, jadi akan segera dalam waktu dekat ini kita langsung berkolaborasi di lapangan dan juga melakukan konsultasi-konsultasi aktif,” tambahnya.



Komentar
Banner
Banner