Kalteng

Dukung Program Food Estate Kalteng, Kabupaten Sukamara Kembangbiakan 20 Ribu Sapi Australia Brahman Cross

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Untuk mendukung program food estate di Kalimantan Tengah, Kabupaten Sukamara fokus mengembangkan…

Featured-Image
Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat meninjau lokasi pengembangan ternak sapi di Kabupaten Sukamara. Foto-Istimewa

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Untuk mendukung program food estate di Kalimantan Tengah, Kabupaten Sukamara fokus mengembangkan bidang peternakan besar, yakni sapi.

Jenis sapi yang akan dikembangbiakkan adalah sapi eksotik Australia Brahman Cross, di lokasi Pantai Lunci, Sukamara, Kalteng.

Oleh sebab itu, pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya dengan ditemani sang istri Rayuhani meninjau lokasi tersebut, Jumat (30/10).

Habib dan istri harus menempuh jarak tempuh menuju lokasi dari rumah jabatan Bupati Sukamara, sepanjang 17 kilometer, dengan waktu tempuh 30 menit melalui jalur darat menggunakan sepeda motor.

Setelah melihat lokasi pengembangan ternak secara langsung, Habib yakin Sukamara mampu menjadi kabupaten pertama di Kalteng, yang berhasil mengembangbiakan hewan mamalia ini, dalam jumlah banyak.

“Dengan padang savana yang luas, makanannya juga tersedia tanpa dicari lagi, Ini baru 900 ekor sudah begitu indah pemandangannya, apalagi nanti 20.000 ekor,” kata Habib.

Sebab, luas hutan produksi di Kecamatan Lunci Jelai yang sudah mendapatkan izin pinjam pakai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk pengembangan lokasi ternak sapi mencapai 20.000 hektar.

Disamping itu, pemberdayaan masyarakat setempat juga dilakukan untuk mengembangkan peternakan sapi, yang bekerjasama dengan pihak ketiga, baik pengusaha lokal, nasional dan pemerintah setempat.



Komentar
Banner
Banner