Hot Borneo

Duh, Ratusan Warga Pulau Petak Kapuas Keracunan Massal

Ratusan warga Handel Rigei RT 10 Desa Saka Lagon, Kecamatan Pulau Petak, Kapuas, dilarikan ke fasilitas kesehatan karena diduga mengalami keracunan makanan,

Featured-Image
FOTO: Sejumlah warga yang diduga mengalami keracunan makanan dirawat di tenda darurat. Foto: Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Ratusan warga Handel Rigei RT 10 Desa Saka Lagon, Kecamatan Pulau Petak, Kapuas, Kalteng, dilarikan ke fasilitas kesehatan karena diduga mengalami dugaan keracunan massal, Sabtu (11/2).

Kejadian dugaan keracunaan makanan itu berawal saat warga menghadiri acara haulan di desa setempat pada Kamis (9/2) sekitar pukul 13.00 WIB.

Dalam acara haulan itu warga pun menyatap hidangan yang disajikan. Kemudian pada malam harinya mereka merasakan mual, muntah-muntah, sakit perut dan buang air besar.

"Iya, benar warga kami mengalami keracunan," ucap Kepala Desa Saka Lagun, Samsir, Minggu (12/2).

Samsir bilang total ada 125 orang yang dirawat dengan rincian 3 orang dirawat di RS Kapuas dan 122 orang dirawat di lokasi kondisi stabil (50 orang diinfus di Poskesdes dan posko darurat).

"Ada juga yang mengeluh lemas sehingga dipasang infus dan dipusatkan di posko darurat. Saat ini kondisi warga sudah mulai membaik," ujarnya.

Pihak Dinas Kesehatan Kapuas beserta pihak terkait telah turun ke lokasi untuk melakukan observasi penanganan medis, serta mengambil sampel sisa makanan yang telah dikonsumsi warga.

Editor
Komentar
Banner
Banner