Tak Berkategori

Duh, 153 Nakes Terpapar Covid-19 di Balikpapan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 153 orang tenaga kesehatan (Nakes) di Balikpapan, Kaltim, terpapar Covid-19. Jumlah ini…

Featured-Image
Ilustrasi nakes membawa tempat tidur pasien Covid-19. Foto-dok

bakabar.com, BALIKPAPAN – Sebanyak 153 orang tenaga kesehatan (Nakes) di Balikpapan, Kaltim, terpapar Covid-19.

Jumlah ini tentu menjadi perhatian Pemerintah Kota Balikpapan yang tengah berjuang menangani lonjakan kasus Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan bahwa para nakes yang positif terus bertambah.
Sebelumnya hanya 70 nakes saja yang terpapar, kini bertambah menjadi 153 orang.

Wanita yang akrab disapa Dio itu mengatakan para nakes ini dimungkinkan juga tertular bukan dari tempat ia bekerja. <elainkan lingkungan sekitar maupun keluarganya.

“Tidak semua nakes tertular dari tempat kerja. Lebih banyak tertular dari keluarganya dan lingkungannya,” katanya.

Dari 153 nakes yang terkonfirmasi positif ini terdiri di beberapa fasilitas layanan kesehatan.

Selain rumah sakit, nakes di klinik hingga puskesmas ikut terpapar. Kondisi ini masih bisa ditangani oleh rumah sakit dengan menambah tenaga baru maupun memberlakukan shift kerja.

Namun Dio mengatakan, sebagian besar nakes telah menjalani masa isolasinya baik di rumah maupun di isolasi terpadu (istore).

Khusus nakes, hanya menjalani masa isoman lima hari. Aturan ini sesuai petunjuk teknis (juknis), lantaran tenaga kesehatan sangat dibutuhkan dalam penanganan Covid-19.

“Karena kondisi kurang nakes jadi ada juknis kapan nakes kembali bekerja. Maka pada hari kelima nakes kembali diperiksa ulang, jika negatif maka bisa kembali bekerja,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner