DPRD Palangka Raya

DPRD Palangka Raya Minta Pemkot Serius Tangani Tekanan Inflasi

Diperkirakan terjadi inflasi di Maret 2024, anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, meminta agar Pemerintah Kota segera menyikapi serius.

Featured-Image
Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Ted Apry Mahendra

BAKABAR.COM, Palangka Raya - Diperkirakan terjadi inflasi di Maret 2024, anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Ted Apry Mahendra, meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) segera menyikapi dengan serius informasi tersebut.

Diungkapkan, faktor pendorong inflasi adalah pergeseran waktu panen komoditas tanaman pangan dampak dari El Nino yang berlangsung lebih panjang.

“Faktor inilah yang menjadi penyebab tekanan inflasi di wilayah Kalteng meningkat pada Maret 2024,” papar Ted, Selasa (5/3/2024).

Ia juga meminta agar Pemkot Palangka Raya mengantisipasi potensi terjadinya La Nina pada pertengahan tahun 2024, selain itu tarif Cukai Hasil Tembakau (CHT) yang naik 10 persen mulai Januari 2024.

Tekanan inflasi juga dipengaruhi beberapa faktor seperti adanya keterbatasan pasokan sejumlah komoditas holtikultura karena belum memasuki masa panen, potensi menurunnya hasil tangkap perikanan karena curah hujan tinggi dan peningkatan permintaan pada periode Ramadhan dan Idulfitri.

“Potensi terjadinya La Nina pada pertengahan tahun 2024-lah yang menjadi penyebab naiknya tarif CHT sebesar 10 persen sejak Januari 2024,” ungkapnya.

Sementara itu legislator dari PDIP ini mengatakan ada beberapa faktor sebagai penahan inflasi, yaitu adanya pengendalian inflasi oleh Pemerintah Daerah dan penanganan perubahan cuaca ekstrem oleh Dinas terkait.

Selain itu diperkirakan akan berlangsungnya panen beras pada bulan Maret 2024 serta penurunan harga BBM non subsidi per 1 Januari 2024. Sementara prakiraan alokasi subsidi BBM tahun 2024 meningkat 10 persen.

“Dengan adanya beberapa faktor penahan inflasi ini, diharapkan tekanan inflasi dapat dikendalikan, serta upaya antisipasi lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah setempat,” pungkas Ted. (adv)

Editor
Komentar
Banner
Banner