Kinerja Kepala Dinas

DPRD Kaltim Minta Kadis dengan Rapor Merah Dievaluasi

Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Timur M. Udin meminta Penjabat Gubernur Kaltim mengevaluasi kinerja kepala dinas dari 23 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ya

Featured-Image
Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Timur M. Udin. Foto: Istimewa.

bakabar.com, SAMARINDA - Anggota Komisi III DPRD Kalimantan Timur M. Udin meminta Penjabat Gubernur Kaltim mengevaluasi kinerja kepala dinas (Kadis) dari 23 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang serapan anggarannya rendah atau mendapatkan rapor merah.

Ia menegaskan bahwa para kepala dinas yang mendapat rapor merah perlu mendapat perhatian, kalau perlu mereka dirotasi dari jabatan terkait.

"Ini berkaitan dengan percepatan pembangunan yang harus tuntas hingga 2024," kata M. Udin di Samarinda, Senin (13/11).

Baca Juga: DPRD Kaltim Dorong Jembatan Sei Nibung Selesai pada 2024

Menurutnya rendahnya serapan APBD Kaltim kepada 23 OPD tersebut menunjukkan ketidakseriusannya dalam menjalankan program dan kegiatan yang telah direncanakan.

"Kami sangat prihatin dengan kondisi ini, karena berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kami juga mempertanyakan komitmen dan loyalitas kepala dinas terhadap Pj Gubernur Kaltim yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepada mereka," tegasnya.

Berkaitan dengan itu, Komisi III DPRD Kaltim akan terus melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, terutama yang berhubungan dengan bidang perekonomian, keuangan, dan pembangunan.

Baca Juga: DPRD Kaltim Minta Perusahaan Sawit Berikan Hak Plasma Sesuai Aturan

Untuk itu, M Udin meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang serapan anggarannya rendah untuk segera memperbaiki kinerjanya, karena anggaran tersebut merupakan uang rakyat yang harus dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat.

"Jangan sampai ada OPD yang menumpuk anggaran di akhir tahun dan melakukan pengeluaran yang tidak efisien dan efektif. Ini akan merugikan rakyat dan negara. Kami akan terus mengawasi dan mengontrol kinerja OPD agar anggaran dapat terserap dengan baik," tegasnya.

M. Udin juga mengapresiasi OPD yang telah menunjukkan kinerja yang baik dan serapan anggaran yang tinggi. Ia berharap OPD tersebut dapat menjadi contoh dan motivasi bagi OPD lainnya.

Baca Juga: DPRD Kaltim Keberatan dengan Penghapusan Tenaga Hononer

Tak lupa ia mengapresiasi OPD yang telah bekerja keras dan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat.

M. Udin berharap Pj Gubernur Kaltim dapat segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki kinerja OPD yang bermasalah.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh OPD untuk bekerja lebih profesional, transparan, dan akuntabel dalam mengelola anggaran daerah," tukasnya. (ADV/DPRD Kaltim)

Editor


Komentar
Banner
Banner