Olahraga

Dominan Atas Brunei Darussalam, Timnas Indonesia Juga Punya Banyak PR

Masih banyak pekerjaan rumah Timnas Indonesia, setelah mendominasi Brunei Darussalam dalam dua leg putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026.

Featured-Image
Ditambah skor 6-0 di leg kedua, Indonesia mengalahkan Brunei Darussalam dengan agregat 12-0 di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026. Foto: BolaSport

bakabar.com, JAKARTA - Masih banyak pekerjaan rumah Timnas Indonesia, setelah mendominasi Brunei Darussalam dalam dua leg putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026.

Timnas Indonesia lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, seusai menang agregat 12-0 atas Brunei Darussalam.

Setelah memetik kemenangan 6-0 dalam leg pertama di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Indonesia juga unggul dengan dengan skor sama dalam leg kedua di Stadion Hassanal Bolkiah, Selasa (12/10) malam.

Skor di leg kedua ditandai sepasang gol Hokky Caraka di menit 6 dan 44, Egy Maualan Vikri menit 42, penalti Witan Sulaeman menit 47, Rizky Ridho menit 63, dan Ramadhan Sananta menit 82.

"Mempertimbangkan perbedaan 70 persen skuad leg pertama dengan yang kedua, pemain harus diapresiasi karena tetap waspada," ungkap pelatih Shin Tae-yong.

"Semua pemain bekerja keras dan bermain dengan baik," imbuh pelatih kelahiran Korea Selatan ini.

Namun demikian, Timnas Indonesia terlihat masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah. Terlebih di putaran kedua kualifikasi, Garuda akan menghadapi Irak, Vietnam, dan Filipina di grup F.

Salah satunya terlalu mudah kehilangan bola, ketika dalam posisi menyerang. Hal ini dua kali diperlihatkan Egy Maulana Vikri.

Momen tersebut bisa menjadi bumerang, karena posisi sebagian besar pemain hendak membangun serangan. Imbasnya serangan balik cepat lawan bisa berbahaya, karena karena posisi pertahanan tidak bersiap.

Kemudian belum semua pemain berkontribusi dalam bertahan. Faktanya bertahan bukan hanya tanggung jawab bek, terutama dalam posisi sedang diserang.

Persoalan lain yang tampak adalah kesalahan oper yang berpeluang menjadi kesempatan lawan melakukan serangan balik.

Kesempatan Timnas Indonesia melakukan perbaikan masih tersedia, meski tidak terlalu banyak.

Diketahui matchday pertama Indonesia di putaran kedua kualifikasi berlangsung 16 November 2023 melawan Irak. Sedangkan matchday kedua dilangsungkan 21 November 2023 melawan Filipina.

Irak sendiri adalah salah satu negara kuat di Timur Tengah. Mereka juga pernah menjadi juara Piala Asia 2007 di Jakarta dan sekarang berada di peringkat 69 FIFA.

Sedangkan Vietnam merupakan rival kuat Indonesia di Asia Tenggara. Sering bertemu di SEA Games dan Piala AFF, Vietnam menduduki peringkat 95 FIFA.

Sementara Filipina tidak bisa dianggap enteng. Buktinya mereka berada di ranking 132 FIFA atau jauh di atas Timnas Indonesia.

Agar melaju ke putaran ketiga kualifikasi, Indonesia harus menjadi juara grup atau minimal menempati peringkat kedua.

Berikut jadwal lengkap Timnas Indonesia di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026:

16 November 2023: Irak vs Indonesia
21 November 2023: Indonesia vs Filipina
21 Maret 2024: Indonesia vs Vietnam
26 Maret 2024: Vietnam vs Indonesia
6 Juni 2024: Indonesia vs Irak
11 Juni 2024: Filipina vs Indonesia

Editor
Komentar
Banner
Banner