Kalteng

Dispar Kobar Gelar Festival ‘Bar Kraf’

apahabar.com, PANGKALAN BUN – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, menggelar Festival ‘Bar Kraf’…

Featured-Image
Bupati Kobar Hj Nurhidayah. Foto-apahabar.com/Ahc16.

bakabar.com, PANGKALAN BUN – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, menggelar Festival 'Bar Kraf' (Kobar Kreatif) di Pangkalan Bun Park, 24-28 Juli 2019. Acara ini dibuka oleh Bupati Hj Nurhidayah.

Kepala Dispar Kobar, Wahyudi mengatakan, kearifan lokal budaya dari berbagai suku di 'Bumi Maruntung Batu Aji' nampak semakin eksis. Karena banyak even-even seni budaya ditampilkan.

Bahkan dalam Festival 'Bar Kraf', pesertanya cukup banyak dari 6 Kecamatan se Kabupaten Kobar.

Festival 'Bar Kraf' 2019 menampilkan sejumlah lomba. Mulai dari lomba kreasi kuliner, kreasi tari tradisional, mewarna untuk anak TK, fashion show TK/SD, hingga pemutaran finalis film pendek.

"Dan juga digelar sosialisasi Akses Permodalan Pelaku Ekonomi Kreatif, serta Lomba Vocal Group dan Lomba Sketsa, tanggal 28 Juli 2019 diakhiri Pertunjukan Pesta Seni Pertunjukan,” kata Kabid Ekonomi Kreatif Dispar Kobar, Alamsyah.

Sebelumnya, Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, kemunculan ekonomi kreatif akan mampu menjadi penopang ekonomi nasional. Disamping itu, sejalan dengan program pemerintah pusat dalam pengembangan ekonomi di daerah daerah.

"Ekonomi kreatif saat ini menjadi masa depan bagi perekonomian Indonesia. Dan Kabupaten Kobar sendiri memiliki industri kreatif yang sangat potensial,” sebutnya.

Salah satu potensi industri kreatif yang harus terus digali adalah kebudayaan dan kearifan lokal, seperti yang dimiliki Kobar saat ini.

Kobar mempunyai keunikan Budaya yang terus dapat digali, di jaga dan dikembangkan melalui kegiatan kegiatan pendampingan, even-even serta lomba-lomba berbasis kreatifitas lokal. Harapannya bisa membangkitkan potensi industri ekonomi kreatif berkelanjutan.

Baca Juga: Meriahnya Festival PAUD dalam Rangkaian Sehati Plus Cinta Fiesta

Baca Juga:Festival Banjar 2019 di Jakarta, Hadirkan Suasana Magis Adat Dayak Meratus

Reporter: Ahc16
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Komentar
Banner
Banner