News

Dishub DKI Siapkan Penyewaan Sepeda Listrik untuk Masyarakat Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan hadirkan sepeda listrik yang dapat di sewa oleh masyarakat

Featured-Image
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo (Foto: apahabar.com/Daffa)

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, akan menyiapkan layanan sewa sepeda listrik untuk  masyarakat yang ingin beraktivitas dengan moda kendaraan yang ramah lingkungan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan hal tersebut masih dalam proses mencari operator setelah melaksanakan bike share submit.

"Jadi untuk sepeda sewa akan menggunakan sepeda listrik. Saat ini sedang dalam penjajakan ya, setelah dilaksanakan bike share submit kemarin," kata Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, kepada awak media, Rabu (28/12).

Baca Juga: Motor Gunakan Jalur Sepeda, Komunitas: Terpaksa Pakai Jalur Mobil

Lebih dalam, Syafrin mengatakan telah mengundang beberapa operator untuk membahas layanan sewaan sepeda listrik. Ia menyebut sebanyak empat operator telah berminat mengoperasikan sewa sepeda tersebut.

"Kami mencoba mengundang beberapa operator. Beberapa sudah menyatakan minat. Yang sudah mengungkapkan minat itu ada empat," ujarnya.

Baca Juga: Protes Soal Anggaran, Komunitas Sepeda Bakal Geruduk Balai Kota

Namun, para operator masih dalam proses memenuhi persyaratan administrasi dan operasional yang tertera pada Peraturan Gubernur (Pergub).

"Tentu sebelum dilakukan uji coba ataupun operasional, mereka harus memenuhi beberapa persyaratan administrasi teknis dan operasional. Sehingga apa yang sudah diatur dalam Peraturan Gubernur No 36 Tahun 2022 terpenuhi," imbuhnya.

Tujuan kerja sama Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan operator layanan bike sharing, karena dalam pengelolaan sebelumnya yang terbengkalai. Ia menyebut operator baru dapat memberikan inovasi baru dan ditargetkan berjalan pada tahun depan atau 2023.

Editor


Komentar
Banner
Banner