Arus Balik 2023

Dishub DKI: Pemudik Mulai Berdatangan di Sejumlah Terminal Jakarta

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memprediksi terjadi lonjakan jumlah pemudik dan pemilir yang tiba sejumlah terminal bus di Jakarta usai mudik Lebaran

Featured-Image
Situasi Terminal Kedatangan Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur, Senin (24/4). (Foto: apahabar.com/Juned Rodo)

bakabar.com, JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memprediksi terjadi lonjakan jumlah pemudik dan pemilir yang tiba sejumlah terminal bus di Jakarta usai mudik Lebaran 2023.

"Dari hasil pantauan kami, dalam dua hari terakhir sudah mulai terpantau terjadi peningkatan arus balik yang puncak pertama pada angkutan lebaran tahun 2023 ini," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo di Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur (25/4).

Baca Juga: Puncak Arus Balik, Terminal Bekasi Didominasi Pemudik Asal Jawa Barat

Peningkatan pemudik ditinjau dari volume penumpang yang berhamburan di terminal kedatangan terminal. Salah satunya terminal Pulogebang, Jakarta Timur yang meroket hingga mencapai 200 persen.

"Di Terminal Pulogebang juga sudah mulai ada peningkatan. Jadi sudah meningkat 200 persen dari dua hari sebelumnya," jelasnya.

Baca Juga: Penumpang Capai 17 Ribu, Terminal Purabaya Prediksi Hari Ini Puncak Arus Balik

"Artinya mulai ada peningkatan. Dan rata-rata di seluruh terminal, apakah di terminal Pulogebang, Kampung Rambutan, Kalideres, maupun Tanjung Priok. Sebagai ilustrasi, kemarin di terminal Kampung Rambutan peningkatan jumlah penumpang yang turun sudah mencapai 5rban penumpang. Artinya sudah ada peningkatan dari hari-hari sebelumnya," lanjut dia.

Kendati demikian, ia belum bisa memastikan akan muncul tren peningkatan penumpang yang berdatangan sebagai puncak arus balik lebaran 2023.

Namun ia menilai pemudik akan kembali dari kampung halaman ke Ibukota Jakarta pada akhir pekan ini.

"Diproyeksikan puncak pertama arus balik pada hari ini dan kemudian untuk kedua akan terjadi pada Sabtu atau Minggu nanti, atau di H+6 dan H+7 lebaran 2023," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner