Nasional

Dirjen Otonomi Daerah Evaluasi Kinerja Pemkab Kapuas

Direktur Jendral Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Akmal Malik melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas, Kalteng, Selasa (8/8).

Featured-Image
Dirjen Otda Akmal Malik saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Akmal Malik melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas, Kalteng, Selasa (8/8).

Kunjungan Dirjen Otda ke bumi Tingang Menteng Panunjung Tarung dalam rangka mengevaluasi kinerja Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Kedatangannya disambut oleh Sekda Kapuas Septedy beserta jajaran Pemkab Kapuas, para camat, kepala desa, damang kepala adat dan mantir adat.

"Agenda saya hari ini untuk melakukan evaluasi kinerja Pemkab Kapuas termasuk berbagi pengalaman soal penanganan stunting," kata Akmal Malik.

Akmal pun mengapresiasi Pemkab Kapuas karena indikator-indikator makronya telah menunjukan peningkatan yang signifikan baik pendidikan, kesehatan, infrastruktur, sosial dan lingkungan hidup.

Meskipun lanjut Akmal, ada beberapa yang perlu ditingkatkan ke depan. Tapi secara umum kinerja makro keuangan Kapuas dinilainya cukup bagus.

"Cuma silpanya kok agak tinggi. Ini mungkin koreksi untuk pak Sekda dan jajaran ke depan," ujar Akmal.

Terkaitu upaya penurunan stunting. Akmal pun membocorkan strateginya yaitu dengan data, dimana keberadaan ibu hamil dan dimana anak yang usia 0 sampai 2 tahun.

"Pastikan mereka mendapatkan asupan gizi dan pastikan ibu hamil meminum tablet tambah darah satu perhari. Jadi, itu saja kuncinya," bebernya.

Kedatangan Ditjen Otda di Kapuas juga sekaligus untuk memenuhi undangan Ketua Lembaga Perempuan Dayak Nasional (LPDN) Nyelong Inga Simon. 

Editor


Komentar
Banner
Banner