News

Diperingati 9 Februari, Ini Sejarah Hari Pers Nasional

Tahukah kamu sejarah Hari Pers Nasional? Hari Pers Nasional (HPN) diperingati pada tanggal 9 Februari setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahu

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Tahukah kamu sejarah Hari Pers Nasional?

Hari Pers Nasional (HPN) diperingati pada tanggal 9 Februari setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia (HUT PWI). HPN ditetapkan berdasarkan Keppres No. 5 Tahun 1985 oleh Presiden Soeharto.

Hari Pers Nasional memiliki sejarah yang erat hubungannya dengan sejarah pers nasional, yakni yang dengan berdirinya organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Berikut ini ulasan lengkap sejarah Hari Pers Nasional hingga diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Berawal dari Sejarah Pers Nasional

Hari Pers Nasional berawal dari sejarah pers nasional sejak masa pergerakan menuju kemerdekaan. Melansir situs PWI, kala itu wartawan memiliki dua peran sekaligus dalam rangka mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Pertama, wartawan sebagai aktivis pers yang melaksanakan tugas-tugas pemberitaan dan penerangan demi membangkitkan kesadaran nasional.

Kedua, wartawan sebagai sebagai aktivis politik yang melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan membangun perlawanan rakyat terhadap penjajahan.

Sejarah Pers Nasional di Awal Kemerdekaan RI

Setelah masa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, wartawan Indonesia masih melakukan peran ganda mereka sebagai aktivis pers sekaligus aktivis politik.

Di masa kemerdekaan Indonesia, kedudukan dan peranan wartawan khususnya, dan pers pada umumnya, mempunyai arti strategik sendiri dalam upaya lanjutan demi mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

HALAMAN
123
Editor


Komentar
Banner
Banner