Hot Borneo

Dinilai Terlalu Mahal, Dewan Minta Tarif Parkir Mal di Balikpapan Turun

apahabar.com, BALIKPAPAN – Tarif parkir di mal atau pusat perbelanjaan di Balikpapan dinilai sangat mahal. Untuk…

Featured-Image
Ilustrasi parkir mal di Balikpapan. Foto-Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN - Tarif parkir di mal atau pusat perbelanjaan di Balikpapan dinilai sangat mahal.

Untuk satu kendaraan bermotor saja, tarif parkirnya sudah melebihi Rp3 ribu. Tarif itu bisa lebih mahal lagi, tergantung dari durasi parkir.

Hal ini ternyata mendapat sorotan dari wakil rakyat. Sekretaris Komisi III DPRD Kota Balikpapan, Kamaruddin, mengakui tarif parkir oleh pengelola mal memang tergolong mahal.

Apalagi pengenaan biayanya berdasarkan hitungan menit. Biaya parkir untuk pengunjung di menit pertama berbeda dengan menit-menit selanjutnya.

“Saya memang kurang setuju dengan masalah tarif parkir yang ada di mal-mal Kota Balikpapan,” ujarnya kepada wartawan di gedung DPRD Kota Balikpapan, Senin (11/7).

Anggota dewan yang akrab disapa Aco ini menyarankan pembuatan regulasi tarif parkir flat oleh pemerintah. Hal itu dinilai lebih adil bagi para pengguna fasilitas parkir di pusat perbelanjaan. Mengingat selama ini pengelola parkir tidak menanggung kehilangan kendaraan bermotor yang terparkir di areanya.

“Seharusnya biaya parkir itu flat (tetap) saja untuk tiap jam. Baik awal masuk atau akhirnya. Kalau perlu parkirnya murah saja. Misalkan di awal masuk cukup bayar Rp 2.000 untuk 3 jam pertama,” terangnya.

Menurut Aco pihak pengelola kawasan parkir berkewajiban juga memberikan fasilitas keamanan terhadap kendaraan pengunjung. Bukan hanya memungut biaya parkirnya. Tetapi juga memberikan kepastian barang yang dititipkan tidak sampai hilang.

“Kalau ini 1 jam lewat 1 menit dikenai 2 jam biayanya. Kan ini memberatkan masyarakat juga. Ekonomi kita juga belum membaik. Kemudian sudah parkirnya berbayar tapi fasilitasnya kurang,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner