Pemkab Kapuas

Dinas PUPRPKP Kapuas Bersiap Pindahkan Warga Kawasan Kumuh ke Perumahan NSD

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemkab Kapuas, Kalteng, melalui Dinas PUPRPKP setempat kembali akan merelokasi warga yang…

Featured-Image
Perumahan New Site Development (NSD) di Kabupaten Kapuas. Foto-apahabar.com/Irfansyah

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Pemkab Kapuas, Kalteng, melalui Dinas PUPRPKP setempat kembali akan merelokasi warga yang tinggal di kawasan kumuh wilayah perkotaan Kuala Kapuas, untuk menempati perumahan New Site Development (NSD).

Relokasi tahap dua tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah setempat mengentaskan kawasan kumuh dan padat di perkotaan.

Ada sebanyak 181 unit rumah yang telah dibangun pemerintah di perumahan NSD yang berlokasi di Handel Bere, Kelurahan Selat Utara, Kecamatan Selat. Di mana sekitar 70 rumah di antaranya sudah ditempati warga.

“Kami saat ini sedang mempersiapkan pemindahan tahap dua bagi warga yang tinggal di kawasan kumuh ke perumahan NSD,” kata Kepala Dinas PUPRPKP Kapuas, Teras ST, Kamis (5/5).

Dengan pemindahan tersebut, lanjut Teras, sehingga nanti seluruh rumah NSD dapat segera ditempati dan terpelihara dengan baik.

“Karena perumahan ini dibangun oleh Pemerintah Pusat melalui program Neighborhood Upgrading and Shelter Phase atau NUSP dari Kementerian PUPR sebagai upaya mengurangi kawasan kumuh dan padat di perkotaan,” ujarnya.

Adapun kawasan kumuh yang sudah ditinggalkan warga, nantinya akan ditata dan dikelola oleh pemerintah, untuk kemudian dibangun fasilitas baru, menuju kota Kualas Kapuas yang indah, bersih dan asri.

Teras menambahkan, perumahan NSD dilengkapi dengan ketersediaan air bersih PDAM dan aliran listrik, serta juga dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti aula pertemuan dan tempat ibadah.

“Termasukan juga ada kolam di belakang masing-masing rumah untuk budidaya ikan,” pungkasnya.

Komentar
Banner
Banner