Kalteng

Dinas Perikanan Kapuas Telah Salurkan Jutaan Benih Ikan

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Pemkab Kapuas, Kalteng, melalui Dinas Perikanan terus membantu pembudidaya ikan di daerah…

Featured-Image
Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas menyalurkan bantuan benih ikan kepada masyarakat. Foto: Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS - Pemkab Kapuas, Kalteng, melalui Dinas Perikanan terus membantu pembudidaya ikan di daerah setempat dengan menyalurkan bantuan benih.

Nah, pada 2020 ada sebanyak kurang lebih 1.052.000 ekor benih ikan yang sudah disalurkan Dinas Perikanan Kapuas dengan rincian 550 ribu ekor benih ikan patin dan 340 ribu ekor benih ikan lele.

Kemudian 17 ribu ekor benih ikan papuyu dan 145 ribu ekor benih patin bantuan dari Dinas Perikanan Provinsi Kalteng beserta pakannya sebanyak 290 kilogram.

Kepala Dinas Perikanan Kapuas, Darmawan, melalui Kabid Pemberdayaan Pembudidaya Ikan, Fatmawati, mengatakan bantuan yang disalurkan sebagian besar didapatkan dari Balai Perikanan Budidaya Ikan Air Tawar di Mandiangin, Kalsel.

Selain benih ikan, Dinas Perikanan Kapuas juga telah menyalurkan bantuan pakan ikan mandiri sebanyak 23 ton yang dibagikan kepada 7 kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan).

Kemudian dari dana DAK, Dinas Perikanan Kapuas juga telah menyalurkan bantuan kepada 11 Pokdakan berupa benih ikan patin dan nila beserta pakannya.

“Sedangkan dari dana DAU berupa benih ikan patin, udang dan benih ikan papuyu atau betok,” kata Fatmawati di Kuala Kapuas, Jumat (19/2).

Menurut Fatmawati, bantuan yang disalurkan kepada Pokdakan di Kabupaten Kapuas, semuanya sudah melalui prosedur yang juga memiliki badan hukum dan akta notaris.

Sedangkan bagi Pokdakan yang tidak memiliki badan hukum dan akta notaris, agar secepatnya mengurus badan hukumnya.

“Sehingga bisa mendapatkan bantuan yang telah di arahkan di tahun 2021 dan bisa diberikan sesuai dengan SOP yang telah ada," pungkas Fatmawati.

Komentar
Banner
Banner