Nasional

Dilanda Kemarau, Petani Hampang Kotabaru Sukses Panen Jagung Puluhan Hektar 

Musim kemarau, tampaknya tak jadi hambatan petani jagung di Kecamatan Hampang, Kotabaru untuk tetap menuai hasil.

Featured-Image
Petani Hampang Kotabaru sukses melakukan panen raya jagung di tengah musim kemarau. Foto-Ist

bakabar.com, KOTABARU - Musim kemarau, tampaknya tak jadi hambatan petani jagung di Kecamatan Hampang, Kotabaru untuk tetap menuai hasil.

Buktinya, petani jagung tergabung dalam kelompok tani (Poktan) Rukun Makmur, Desa Peramasan Dua Kali Sanga, Kecamatan Hampang, berhasil panen raya.

Bahkan, panen jagung yang didapat mencapai 7,01 ton banyaknya. Hasil panen itu berada di atas lahan jagung seluas 10 hektar.

Keberhasilan para petani itu mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Kotabaru, Minggu Basuki.

Minggu mengatakan, potensi pertanian sangat menjanjikan apabila dikelola dengan baik. "Nah, hal itu dibuktikan oleh petani kita di Peramasan tadi," kata dia, Selasa (7/11) malam.

"Berkat kerja keras dalam mengelola lahannya serta binaan dinas terkait hingga akhirnya berhasil panen dengan hasil yang memuaskan," ujar Minggu.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kotabaru, Saperiani, menambahkan capaian hasil panen ini agak sedikit menurun.

Namun, ia tetap mengapresiasi, karena dari biasanya sekitar 8 ton, kekurangannya dapat dimaklumi lantaran faktor kemarau panjang yang melanda tahun ini. 

"Jadi, sejauh ini program kita ada bantuan untuk tiga kecamatan, salah satunya untuk Poktan di Hampang itu. Semoga bulan Desember nanti masuk musim hujan sudah bisa dilakukan penanaman lagi," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner