Sport

Dihukum Pengurangan 10 Poin, Juventus Out dari Zona Liga Champions

Kembali dijatuhi hukuman pengurangan 10 poin, Juventus dipastikan out dari zona Liga Champions dalam klasemen Liga Italia musim 2022/2023.

Featured-Image
Akibat pengurangan poin, Juventus dipastikan out dari zona Liga Champions dalam klasemen Liga Italia musim 2022/2023. Foto: Goal

bakabar.com, JAKARTA - Kembali dijatuhi hukuman pengurangan 10 poin, Juventus dipastikan out dari zona Liga Champions dalam klasemen Liga Italia musim 2022/2023.

Dikutip dari CNN, pengurangan 10 poin tersebut dilakukan berdasar keputusan Pengadilan Banding Federal, terkait kasus capital gain, Senin (22/5) waktu setempat.

Akibatnya posisi Juventus di klasemen Liga Italia langsung melorot ke peringkat ketujuh dari sebelumnya di posisi kedua. Poin mereka sekarang hanya 59 poin dari sebelumnya 69 poin.

Dalam putusan pengadilan, Bianconeri dinyatakan bersalah karena menaikkan biaya transfer secara artifisial atau tidak alami guna meningkatkan perolehan modal.

Hukuman itu lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut FIGC, Giuseppe Chine, berupa pengurangan 11 poin atau dua angka lebih banyak dari tuntutan sebelumnya.

Akan tetapi panel peneliti memberikan tanggapan dengan menilai Juventus layak mendapatkan sanksi pengurangan 10 poin.

Dalam unggahan di media sosial, Juventus kecewa dengan keputusan Pengadilan Banding. Mereka pun membuka peluang banding kembali, kendati dinilai memiliki peluang kecil.

Penyebabnya klub berjuluk Si Nyonya Tua itu mereka telah melanggar Pasal 4 soal permainan yang adil dan kejujuran dalam olahraga.

"Juventus memperhatikan putusan Pengadilan Banding FIGC dan berhak membaca alasan untuk mengevaluasi kemungkinan banding ke Dewan Penjamin di CONI," tulis Juventus.

Sebelumnya di pertengahan Januari 2023, Juventus sudah pernah dihukum pengurangan 15 poin. Mereka pun turun dari peringkat ketiga menjadi kesepuluh.

Namun 15 poin itu sempat dikembalikan awal Maret 2023, setelah banding Juventus diterima yang diikuti pengembangan penyelidikan.

Imbasnya Juventus yang sedang berada di peringkat tujuh, langsung melejit lagi ke ranking tiga klasemen Liga Italia.

Keuntungan AC Milan

Seiring hukuman Juventus, AC Milan mendapatkan untung. Mereka bisa bernapas lega, karena berada di posisi yang cukup nyaman untuk lolos ke Liga Champions 2023/2024.

AC Milan yang semula berada di luar empat besar, sekarang sudah unggul 3 poin atas Atalanta di peringkat lima.

Sementara Lazio yang mengemas 68 poin, dipastikan menjadi runner up. Gli Aquilotti resmi lolos ke Liga Champions 2023-2024, karena berselisih 7 poin dari Atalanta.

Sebaliknya Atalanta tidak bisa lagi menggeser Lazio dari empat besar dengan sisa 2 pertandingan. Di sisi lain, Inter Milan dengan 66 poin naik dari peringkat empat menjadi urutan ketiga.

Editor


Komentar
Banner
Banner