Nasional

Dies Natalis Politeknik Batulicin ke-9, Direktur Bicara Pencapaian Dalam Tiga Tahun

Didirikan pada 2014 silam, Politeknik Batulicin menempuh perjalanan cukup panjang untuk tetap eksis dan berkontribusi

Featured-Image
Direktur Politeknik Batulicin, M. Idjra'i. Foto-Dok

bakabar.com, BATULICIN - Didirikan pada 2014 silam, Politeknik Batulicin menempuh perjalanan cukup panjang untuk tetap eksis dan berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kalimantan Selatan. 

Dalam puncak acara Dies Natalies ke-9, Direktur Politeknik Batulicin, M. Idjra'i, menyampaikan perkembangan kampus tersebut dalam tiga tahun terakhir. 

Perkembangan Politeknik Batulicin terbilang signifikan. Sebagai contoh, pada 2021, hanya ada 26 mahasiswa yang menimba ilmu di Politeknik Batulicin. Tapi itu tak berlangsung lama.

Satu tahun kemudian, jumlahnya meningkat menjadi 54 mahasiswa. Lalu, angkanya naik drastis pada 2023. Kini jumlah mahasiswanya mencapai 196 orang.

Tahun ini, Politeknik Batulicin memulai program beasiswa gratis untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Tanah Bumbu. Ada 30 WBP yang sudah didaftarkan menjadi mahasiswa Politeknik Batulicin.

Mereka akan mengikuti jurusan teknik alat berat. Proses perkuliahan yang berlangsung selama tiga tahun nanti akan digelar di Lapas Batulicin. Program yang dicetuskan oleh Wakil Direktur I Politeknik Batulicin, Ribut Giyono, mendapat sambutan bagus dari banyak pihak, termasuk dari pihak lapas sendiri.

Baca Juga: Politeknik Batulicin Beri Beasiswa untuk Warga Binaan Pemasyarakatan, Kuliah Digelar di Lapas

Kemudian selama tiga tahun terakhir, Politeknik Batulicin menambah kuota dosen tetap dari 11 orang pada 2021 menjadi 19 pada 2023. Jika ditotal dengan tenaga pendidik lainnya, tiga tahun lalu kampus ini hanya memiliki 27 pengajar, tapi saat ini jumlahnya meningkat menjadi 56 dosen dan tenaga pendidik. Itu juga sudah termasuk dosen tidak tetap.

Puncak Acara Dies Natalis ke-9 Politeknik Batulicin diisi dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto-apahabar/Puja Mandela
Puncak Acara Dies Natalis ke-9 Politeknik Batulicin diisi dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Foto-apahabar/Puja Mandela

Dalam hal fasilitas, peningkatannya juga sangat signifikan; dari empat ruang kelas menjadi delapan. Belum lagi dengan tambahan berbagai fasilitas lain seperti perpustakaan, lab komputer, workshop, musala, aula, dan sejumlah ruangan lainnya.

Baca Juga: Ramainya Dies Natalis Politeknik Batulicin ke-9: Ada Lomba Voli sampai Pencak Silat

Lalu, juga ada kerja sama dengan sejumlah pihak yang sudah dilakukan. M. Idjra'i menargetkan tahun ini Politeknik Batulicin memiliki 50 MoU atau kerja sama dengan berbagai pihak. 

Dengan banyaknya kemajuan ini dia optimistis Politeknik Batulicin akan terus berkontribusi untuk memajukan dunia pendidikan di daerah. 

Puncak acara Dies Natalis ke-9 Politeknik Batulicin pada Selasa (17/10) kemarin diisi dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sebelumnya, Politeknik Batulicin sudah menggelar sejumlah perlombaan untuk memperingati usianya yang kesembilan tahun. 

Editor


Komentar
Banner
Banner