Peristiwa & Hukum

Didorong Arus Sungai, Tongkang Senggol Keramba Apung di Lepasan Batola

Sebuah tongkang bermuatan batubara menyenggol keramba apung di Kelurahan Lepasan, Kecamatan Bakumpai, Barito Kuala, Selasa (12/12).

Featured-Image
Sebuah tongkang bermuatan batubara menyenggol keramba apung di Kelurahan Lepasan, Kecamatan Bakumpai, Barito Kuala, Selasa (12/12). Foto: Tangkapan Layar

bakabar.com, MARABAHAN - Sebuah tongkang bermuatan batubara menyenggol keramba apung di Kelurahan Lepasan, Kecamatan Bakumpai, Barito Kuala, Selasa (12/12).

Terjadi sekitar pukul 17.00 Wita, tongkang tersebut menyenggol sedikitnya tiga keramba apung milik warga setempat.

Kejadian itu sempat direkam warga, lalu dengan cepat tersebar di media sosial. Terlihat tongkang baru keluar dari pertigaan Sungai Negara dan memasuki Sungai Barito.

Akan tetapi buritan tongkang terlalu mengarah ke pinggir, diduga karena dorongan arus sungai.

Diketahui arus air di pertigaan sungai tersebut cukup deras. Adapun posisi tug boat penarik sebenarnya sudah berada di tengah sungai.

Juga terlihat beberapa buah tong yang berfungsi sebagai alat apung keramba, terlepas dari ikatan dan larut di sungai.

Belum diketahui kerugian yang diderita petambak. Demikian pula upaya ganti rugi dari pengelola angkutan batu bara. Padahal keramba tersebut berisi ikan dengan usia bervariasi antara 1 hingga 2 bulan.

"Belum ada pembicaraan soal ganti rugi. Padahal semua keramba berisi ikan," papar Rahmatillah, salah seorang petambak yang terdampak.

"Bulan lalu keramba saya juga disenggol tongkang. Namun sampai sekarang belum dilakukan penggantian," tegasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner