Pergantian Ketua KPK

Di Hadapan Jokowi, Nawawi Pomolango Diambil Sumpah sebagai Ketua KPK

Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango diambil sumpah jabatan. Pengucapan sumpah ini langsung disaksikan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin

Featured-Image
Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolongo diambil sumpah jabatan sebagai ketua KPK di hadapan Presiden Jokowi. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA – Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango diambil sumpah jabatan. Pengucapan sumpah ini langsung disaksikan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11).

“Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini, langsung atau tidak langsung, dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapapun juga,” ucap Nawawi, dilansir Antara.

Pengucapan sumpah jabatan tersebut dilakukan usai Presiden menandatangani Keppres No.116 Tahun 2023 tentang pemberhentian sementara Ketua KPK sebelumnya, Firli Bahuri.

Baca Juga: Nawawi Jadi Ketua KPK, Firli Bisa Dipecat Permanen

Nawawi bersumpah bahwa dirinya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam tugas Ketua KPK sementara, tidak sekali-kali akan menerima, langsung atau tidak langsung melalui siapapun juga suatu janji atau pemberian.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada dan akan mempertahankan serta mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 serta peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi Negara Republik Indonesia RI,” ucapnya lagi.

Dia bersumpah senantiasa akan menjalankan tugas dan wewenang yang diberikan dengan sungguh-sungguh, seksama, objektif, jujur, berani, adil, dan tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender dan golongan tertentu dan akan melaksanakan kewajiban dengan sebaik-baiknya serta bertanggung jawab sepenuhnya kepada Tuhan YME, masyarakat, bangsa dan negara.

Baca Juga: Nawawi Pomolango Dinilai Sosok Jauh dari Kontroversi

“Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menolak atau tidak menerima atau tidak mau dipengaruhi oleh campur tangan siapapun juga dan saya akan tetap teguh melaksanakan tugas dan wewenang saya yang diamanatkan undang-undang kepada saya,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner