Chipset Terbaru Oppo

Desain Prosesor Sudah Siap, Oppo Akan Produksi Chipset Sendiri?

Oppo tengah berinovasi dengan membuat prosesor buatan sendiri dan sedang menyiapkan system on a chip (SoC) yang diprediksi muncul pada 2024.

Featured-Image
Oppo akan memproduksi prosesor sendiri. (Foto: dok. Gizchina.com)

bakabar.com, JAKARTA -Oppo tengah berinovasi dengan membuat prosesor buatan sendiri dan sedang menyiapkan system on a chip (SoC) yang diprediksi muncul pada 2024.

Prosesor terbaru tersebut dipersiapkan Oppo agar tetap mampu bersaing secara kompetitif dengan kompetitor lainnya.

Melansir dari GSM Arena, Rabu (22/2), prosesor itu sudah sampai pada tahap 'taping out' dan segera siap untuk dipasarkan.

Taping out merupakan sebuah istilah dalam desain perangkat elektronik, yang artinya proses mendesain sirkuitnya sudah selesai.

Baca Juga: Bukan Hanya Kamera, Intip Ketangguhan Oppo Reno8 T saat Main Gim

Singkatnya, desain tersebut tinggal dikirimkan ke perusahaan pembuat chip kendati belum terungkap siapa yang akan memproduksi chip tersebut.

Menjawab pertanyaan itu, forum investasi internasional tersebut digelar di Hsinchu, sebuah kota yang ada di Barat Laut Taiwan yang juga lokasi kantor pusat TSMC.

Mengingat chip Oppo yang ada saat ini juga diproduksi oleh TSMC, maka besar kemungkinan pabrikan chip terbesar di dunia itu bakal kembali memproduksi chip untuk Oppo.

Oppo sendiri saat ini sudah punya chip buatannya sendiri yaitu MariSilicon X dan MariSilicon Y.

Baca Juga: Oppo Find N2 Flip Penantang Galaxy Z Flip4, Kapan Masuk Indonesia?

MariSilicon X merupakan NPU imaging yang debut di Oppo Find X5 series untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang diambil dalam kondisi minim cahaya.

Sementara MariSilicon Y baru saja diumumkan di ajang Oppo INNO Day 2022.

Oppo diklaim telah siap menggelontorkan dana lebih dari Rp21,3 triliun untuk membuat fasilitas baru yang bertujuan untuk mendesain chip.

Fasilitas tersebut diketahui akan berlokasi di banyak tempat, termasuk Beijing, Shenzhen, serta Shanghai.

Editor


Komentar
Banner
Banner