Nasional

Desa Banua Jingah HST Terpilih Mengikuti Lomba Kampung Bebas Narkoba

Upaya dalam memerangi penyalahgunaan narkoba terus digencarkan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). 

Featured-Image
Wawancara langsung bersama Wakil Direktur Resnarkoba Polda Kalsel, AKBP Ernesto Saiser terkait program Kampung Bebas Narkoba di HST. Selasa (29/8/23). Foto-istimewa.

bakabar.com, BARABAI - Desa Banua Jingah, Hulu Sungai Tengah (HST) terpilih mengikuti lomba kampung bebas narkoba.

Diketahui saat ini, upaya dalam memerangi penyalahgunaan narkoba terus digencarkan disetiap daerah, termasuk di HST. 

Upaya tersebut direalisasikan dengan diadakannya lomba kampung bebas naskoba yang merupakan program dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Atas tercetusnya program tersebut, kunjungan dari Wakil Direktur Resnarkoba Polda Kalsel, AKBP Ernesto Saiser, turut menjadi sorotan.

AKBP Ernesto Saiser, menjelaskan bahwa program ini merupakan inisiatif Bapak Kapolri yang melibatkan 38 Polda di seluruh Indonesia.

"Lomba ini merupakan lomba tingkat nasional. Ini ada 38 Polda yang ikut dan tiap Polda wajib mengirimkan 1 untuk nantinya dilombakan di Markas Besar Republik Indonesia (Mabes Polri)," jelasnya.

"Untuk Kalsel sendiri ada 13 Polres yang maju. Untuk HST terpantau dari kemarin kami turun sampai sekarang ini, HST ada satu kampung yang kami kunjungi di Desa Banua Jingah," lanjutnya.

Desa Banua Jingah dipilih sebagai ikon pergerakan ini, karena menandakan upaya yang dimulai dari tingkat desa dapat menjadi fondasi daya tangkal yang kuat dalam memerangi narkoba di tingkat kabupaten. 

"Saatnya kita semua bersatu melawan narkoba, dan dimulai dari diri kita sendiri, keluarga, serta melibatkan semua pihak dalam upaya pencegahan." Tegas AKBP Ernesto Saiser.

Perlu diketahui, lomba kampung bebas narkoba ini bertujuan untuk upaya pencegahan narkoba tingkat daerah dan akan melibatkan tim juri dari berbagai pihak.

"Tim juri kami melibatkan berbagai pihak, seperti dirnarkoba, saker terkait humas, bimas, Samapta, dan LSM yang diwakili oleh korlap dari BNNB," sambung AKBP Ernesto Saiser.

Melalui langkah-langkah seperti ini, AKBP Ernesto Saiser berharap upaya mencegah penyalahgunaan narkoba akan semakin kuat dan efektif.

"Polisi tidak dapat bekerja sendiri. Kami mengharapkan dukungan dari instansi terkait, pemerintah daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat secara keseluruhan dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba," tutupnya.

Baca Juga: Selamat, Ahmad Magani dan Mauizatil Hasanah Juara Duta Baca HST

Editor


Komentar
Banner
Banner