Pemkot Banjarmasin

Dekra Show 3 Digelar, Dekranasda Pamerkan Sasirangan yang Sempat Mejeng di Milan

Dekranasda Kota Banjarmasin kembali menggelar pertunjukan fesyen bertajuk Dekra Show 3 di Balai Kota Banjarmasin, Rabu (18/10/2023). 

Featured-Image
Dekra Show 3, pertunjukan fesyen untuk perkenalkan sasirangan kembali digelar Dekranasda Banjarmasin. Foto: Humas Pemkot Banjarmasin.

bakabar.com, BANJARMASIN - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin kembali menggelar pertunjukan fesyen bertajuk Dekra Show 3 di Balai Kota Banjarmasin, Rabu (18/10/2023). 

Gelaran ini juga merupakan rangkaian Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) yang digelar sejak 17 hingga 21 Oktober 2023. 

Penontonnya merupakan peserta ICCF. Sedangkan fesyen show dilakukan oleh kepala SKPD dan sejumlah peragawan dan peragawati. Dengan berbagai kategori, dari Kabag Paling Keren, Pasangan Romantis, Lelaki Pilihan, Srikandi Pemko Banjarmasin, dan lainnya. 

Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah mengatakan kegiatan ini dalam rangka ICCF. Ia mengatakan pada 2017 Dekranasda bersama Pemerintah Kota Banjarmasin sudah ikut dalam program pemeringkatan kota kreatif. 

"Sehingga kami merawat aksi untuk ekraf di Banjarmasin. Termasuk dalam kegiatan ini memamerkan produk unggulan sasirangan. Kegiatan Dekra Show ini sebenarnya dilakukan empat kali dalam setahun dan baru dimulai tahun lalu," katanya. 

Ia menyebut, tujuannya untuk memberikan ruang bagi para pengrajin kain sasirangan dengan berbagai kreasinya. Lalu di desain oleh para desainer muda. 

"Makanya tadi juga ada fesyen show yang diikuti oleh kepala SKPD. Selain efesiensi karena tidak memerlukan model untuk peragaan. Kegiatan ini juga membantu para pegiat usaha sasirangan. Dimana para kepala SKPD akan memilih sasirangan dan modelnya sendiri," jelasnya. 

Ia berharap Dekra Show yang keempat nanti juga bisa berjalan dengan lancar. Apalagi ini merupakan kegiatan swadaya dari Dekranasda Kota Banjarmasin.

"Sehingga kami aktif untuk menggandeng berbagai pihak mendukung kegiatan ini. Bagi tokoh masyarakat, pengusaha, mungkin berbagai pihak yang peduli dengan perkembangan kriya unggulan sasirangan," jelasnya. 

Dalam fesyen show tadi juga dipamerkan produk unggulan yang baru saja dipamerkan di Milan, Italia. 

Wasilah menyebut dari 13 motif sasirangan yang dipamerkan di Milan hanya empat uang dipamerkan. 

Ia menyebut, jika animo di Milan sangat bagus terhadap sasirangan. Khususnya sasirangan dengan pewarna alami. 

"Rencananya memang sasirangan akan ke sana. Karena satu perhotelan melirik untuk memasang sasirangan di sana. Saat ini kami masih membahas business to business. Jadi mohon doanya," tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner