Politik

Debat Keempat Capres 2019, Pengamat: Kedua Calon Mesti Menguras Adrenalin Politik

apahabar.com, BANJARMASIN – Malam ini, debat keempat pasangan Calon Presiden (Capres) kembali digelar. Dengan tema “Ideologi,…

Featured-Image
Debat Keempat, Capres. Foto-apahabar.com/Infografis

bakabar.com, BANJARMASIN – Malam ini, debat keempat pasangan Calon Presiden (Capres) kembali digelar. Dengan tema “Ideologi, Pemerintahan, Keamanan dan Hubungan Internasional” tersebut, kedua calon mesti menguras pemikirannya untuk meyakinkan pemilih.

“Kita berharap jalan debat nantinya berjalan dengan menarik,” ucap Pengamat Politik Universitas Islam Kalimantan, Dr. Muhammad Uhaib As’ad, M.Si kepada bakabar.com, Sabtu (30/3/2019).

Menurut Uhaib, kedua Capres mesti menguras seluruh energinya di depan publik. Mengingat debat tersebut merupakan debat terakhir. Sehingga, kedua calon terus ditantang menunjukkan adrenalin politik, agar mampu meyakinkan pemilih.

“Kalau perdebatan ini tak menarik, tentu masyarakat tak terlalu antusias,” tegasnya.

Tema yang diangkat, sebut dia, sangat urgen dalam menentukan keberadaan bangsa. Terlebih, Indonesia memiliki peran strategis di kawasan Asia Pasifik. Yakni dengan latar belakang negara maritim dan di himpit dua samudera, yakni Hindia dan Pasifik.

Dalam debat nantinya, tegas dia, semua mata dunia akan terfokus ke Indonesia. Lantaran dilihat dari potensi ekonomi dan politik, Indonesia memiliki peran yang sangat strategis. Bahkan, diprediksi mampu menjadi percaturan politik dunia.

Baca Juga: Jelang Debat Keempat, Pengamanan Diperketat

Baca Juga:Jelang Debat, Jokowi Makan Siang Bersama Keluarga di Restoran Padang

Sementara itu, Pengamat Politik dan Kebijakan Publik FISIP ULM, Pathurrahman Kurnain mengatakan, di sisa waktu menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019 mendatang, kontestan harus benar-benar efektif mengungkap akar masalah, solusi dan program kerja yang relevan. Pastinya lebih realistis dan kongkrit untuk meyakinkan pemilih. Khususnya milineal.

Menurutnya, kedua kandidat sama-sama memiliki latar belakang yang baik untuk melihat permasalahan, sesuai dengan tema yang ditentukan. “Tinggal kemampuan mempertahankan argumentasi dan meyakinkan undecided voters (pemilih ragu-ragu),” pungkasnya.

Baca Juga:TKD Kalsel Kembali Gelar Nobar Debat

Baca Juga:Dahnil: Prabowo Berdiskusi Dua Jam Jelang Debat

Baca Juga: PDIP Jatim Yakini Debat Keempat Momentum Pertebal Kemenangan Jokowi

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Komentar
Banner
Banner