Hot Borneo

Dear Warga Martapura, Cegah TBC Sejak Dini Datang ke Komunitas Penabulu Besok

apahabar.com, MARTAPURA – Penyakit Tuberkulosis (TBC) masih menjadi salah satu penyakit menular mematikan saat ini. Komunitas…

Featured-Image
Staf Program konsorsium Penabulu-STPI IU Banjar, Helmi mengatakan kasus TBC di Kabupaten Banjar nomor dua se-Kalsel setelah Banjarmasin, Rabu (30/3). Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Penyakit Tuberkulosis (TBC) masih menjadi salah satu penyakit menular mematikan saat ini.

Komunitas Penabulu Stop Tuberculosis Partnership Indoensia (STPI) IU Kabupaten Banjar akan menggelar kampanye pencegahan dini TBC yang digelar di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) Martapura, Kamis (31/3) besok.

Staf Program konsorsium Penabulu-STPI IU Banjar, Helmi mengatakan, kegiatan ini masih dalam rangka memperingati Hari TBC Sedunia.

Menurutnya, kasus TBC di Kabupaten Banjar masih memprihatinkan dengan menempati nomor dua se-Kalsel setelah Banjarmasin. "Jumlah pasien per-tahun 2021 sekitar 330 pasien dari 20 kecamatan," ungkap Helmi.

Sedangkan untuk jumlah kasus se-Kalsel meningkat dari posisi 8 naik ke urutan 6 se-Indonesia. Adapun Indonesia nomor tiga terbanyak kasus se-dunia.

"Untuk angka kematian kasus TBS di Kabupaten Banjar di tahun 2020 itu cukup tinggi, yaitu tuju dari sepuluh persen, artinya ada 70 persen angka kematiannya," terangnya.

Ia melanjutkan, TBC bisa dicegah secara dini dengan pengobatan, yang tentunya harus terlebih dulu didiagnosis.

"Makanya besok itu kegiatannya selain membagikan brosur, kita juga melakukan tes gratis. Rencananya ke Pasar Martapura," tandasnya.

Komentar
Banner
Banner