Habar Pemilu 2024

Dapil DPRD Batola di Pemilu 2024 Bertambah, Berikut Rinciannya

Berbeda dengan edisi sebelumnya, jumlah daerah pemilihan (dapil) DPRD Barito Kuala dalam Pemilu 2024 dipastikan berubah.

Featured-Image
Dokumentasi warga memasukan surat suara yang telah dicoblos dalam Pemilu 2019. Foto: Antara

bakabar.com, MARABAHAN - Berbeda dengan edisi sebelumnya, jumlah daerah pemilihan (dapil) DPRD Barito Kuala dalam Pemilu 2024 dipastikan berubah.

Penetapan jumlah dapil baru saja ditetapkan KPU RI melalui PKPU Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPR, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota Dalam Pemilu 2024.

Diputuskan bahwa dapil DPRD Batola bertambah dari empat menjadi lima. Penyebabnya Alalak yang sebelumnya tergabung bersama Mandastana dan Jejangkit di Dapil 2, sekarang berdiri sendiri sebagai Dapil 3.

Dengan berdiri sendiri, diperebutkan 7 kursi di Alalak (Dapil 3). Sementara Mandastana dan Jejangkit dimasukkan ke Dapil 2 bersama Rantau Badauh, Belawang dan Cerbon dengan alokasi 7 kursi.

"Sebelum dilakukan penetapan, kami diminta KPU RI untuk menyerahkan minimal dua opsi penataan dapil. Setelah dilakukan pengkajian, kami merancang opsi empat dapil dan lima dapil," jelas Komisioner KPU Batola, Muhammad Ali, Minggu (12/2).

Baca Juga: Soal Wacana Perubahan Dapil, Mayoritas Parpol di Batola Dukung Aturan Lama

Baca Juga: Alalak Bertambah Padat, Pileg 2024 di Batola Tetap Perebutkan 35 Kursi

"Kedua opsi tersebut lantas dibahas dalam tiga kali uji publik bersama berbagai elemen di Batola. Selanjutnya hasil uji publik diserahkan kepada KPU RI melalui Kalimantan Selatan," imbuhnya.

Diketahui dari hasil uji publik, mayoritas elemen masyarakat menginginkan tetap empat dapil. Terdapat berbagai alasan yang melatarbelakangi keputusan ini.

"Memang setelah tiga kali uji publik yang membahas dua rancangan dapil, mayoritas pendapat menginginkan agar Batola mempertahankan empat dapil," beber Muhammad Ali.

"Namun terkait dengan yang menetapkan dapil, sepenuhnya kewenangan KPU RI melalui PKPU Nomor 6 Tahun 2023. Tugas kami hanya merancang, mengumumkan, lalu menggelar uji publik," tegasnya.

Meski dapil bertambah, teknis pelaksanaan Pemilu 2024 di Batola diyakini tidak berubah signifikan, "Hanya pengelolaan suara suara yang berubah. Sedangkan distribusi kurang lebih sama dengan sebelumnya," tandas Ali.

Berikut rincian dapil DPRD Batola dalam Pemilu 2024:

Barito Kuala 1 (7 kursi)
1. Bakumpai
2. Kuripan
3. Tabukan
4. Barambai
5. Marabahan

Barito Kuala 2 (7 kursi)
1. Mandastana
2. Rantau Badauh
3. Belawang
4. Cerbon
5. Jejangkit

Barito Kuala 3 (7 kursi)
Alalak

Barito Kuala 4 (8 kursi)
1. Tabunganen
2. Tamban
3. Mekarsari

Barito Kuala 5 (6 kursi)
1. Anjir Pasar
2. Anjir Muara
3. Wanaraya

Lantas sebagai pembanding, berikut rincian dapil yang diterapkan dalam Pemilu 2019:

Barito Kuala 1 (8 kursi)
1. Rantau Badauh
2. Cerbon
3. Bakumpai
4. Kuripan
5. Tabukan
6. Marabahan

Barito Kuala 2 (9 kursi)
1. Mandastana
2. Jejangkit
3. Alalak

Barito Kuala 3 (8 kursi)
1. Tamban
2. Mekarsari
3. Tabunganen

Barito Kuala 4 (10 kursi)
1. Anjir Pasar
2. Anjir Muara
3. Belawang
4. Barambai
5. Wanaraya

Editor


Komentar
Banner
Banner