News

Dapat Subsidi Rp7 Juta, Simak Harga Motor Listrik Berbagai Merek

Pemerintah memastikan memberikan subsidi sebesar Rp7 juta untuk setiap pembelian sepeda motor listrik. Berikut harga berbagai merek motor listrik di Tanah Air.

Featured-Image
Anggota Satlantas Polrestabes Surabaya sudah menggunakan motor listrik untuk operasional. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah memastikan memberikan subsidi sebesar Rp7 juta untuk setiap pembelian sepeda motor listrik. Berikut harga berbagai merek motor listrik di Tanah Air.

Direncanakan penerapan subsidi dimulai Februari 2023, karena pemerintah sudah memfinalkan soal kebijakan tersebut.

Terdapat dua model subsidi yang diberikan untuk pembelian motor listrik di dalam negeri, yakni pembelian unit baru dan hasil konversi dari motor konvensional.

Kendati begitu, tidak semua motor listrik bisa menerima subsidi. Sejumlah syarat harus dipenuhi untuk bisa menerima subsidi, di antaranya hanya motor yang diproduksi di Indonesia.

Kemudian harus memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah. TKDN ini akan ditentukan secara bertahap sampai beberapa tahun kedepan untuk dipenuhi perusahaan.

Dengan persyaratan tersebut, harga motor listrik berpotensi turun Rp7 juta. Dilansir dari CNN, berikut harga berbagai merek motor listrik di Tanah Air sebelum mendapat subsidi:

United

United selaku produsen sepeda ikut memulai bisnis baru dengan menjual motor listrik T1800 yang dibanderol dengan harga Rp30 juta.

Motor ini memiliki tenaga dari motor listrik BOSCH 60V1800W dengan torsi 27 Nm dan tenaga 1.800 W.

Motor dilengkapi dengan baterai Lithium 60V 28Ah yang dalam kondisi 100 persen dapat mencapai kecepatan maksimum 70 kilometer per jam dan jarak tempuh hingga 60 km dengan kecepatan rata-rata 50 hingga 60 km per jam pada mode kecepatan normal.

Viar

Merek lain yang menjajakan motor listrik adalah Viar lewat model Q1 dengan dilengkapi dua baterai yang masing-masing berukuran 60V23Ah.

Kecepatan maksimal motor listrik ini hanya 60 km per jam. Viar menjual produk ini dengan harga Rp21 jutaan.

Gesits

Motor listrik lainnya adalah Gesits yang dijual dengan harga mulai Rp28 jutaan.

Motor listrik Gesits bertenaga 6,7 tenaga kuda dan disokong baterai Lithium NCM berkapasitas 3 kWh yang diklaim mampu melaju hingga 100 kilometer per jam setelah satu kali pengisian daya penuh.

Niu

Dengan model GOVA-03, Niu memiliki kecepatan maksimal 60 km per jam dengan jarak tempuh berkisar 55 hingga 75 kilometer. Motor ini dibanderol dengan harga Rp25 juta.

Butuh waktu hingga 7 jam untuk mengisi baterai hingga penuh. Baterai yang digunakan dalam motor ini sudah bertipe 18650 lithium dengan besar voltase 60V dan kapasitas 40Ah.

Motor ini berbobot 269 kg dengan pilihan bangku untuk 1 hingga 2 orang.

HALAMAN
12
Editor


Komentar
Banner
Banner