Tak Berkategori

Dapat Kehormatan Memerankan Buya Hamka, Vino Bastian Malah Terkejut

apahabar.com, JAKARTA – Tidak cuma publik, bahkan Vino Bastian sendiri terkejut, ketika mendapatkan tawaran memerankan Buya…

Featured-Image
Vino Bastian bersama Laudya Cynthia Bella dalam konferensi pers virtual film Buya Hamka. Foto: Medcom

bakabar.com, JAKARTA – Tidak cuma publik, bahkan Vino Bastian sendiri terkejut, ketika mendapatkan tawaran memerankan Buya Hamka dalam film berjudul yang sama.

Film Buya Hamka yang akan ditayangkan mulai awal 2022, berkisah tentang Abdul Malik Karim Amrullah atau Hamka, seorang ulama pembaharuan Islam di Minang.

Hamka tidak hanya dikenal sebagai ulama, karena juga merupakan seorang sastrawan, sejarawan, dan politikus yang dihormati.

Makanya ketika ditawari sebagai pemeran Buya Hamka dalam film, Vino Bastian cukup terkejut dan sedikit tidak percaya diri.

“Pertama kali ditawari, saya begitu kaget. Kenapa harus saya? Lantas setelah saya bertemu dengan keluarga, Buya semuanya menjelaskan bahwa mereka pertimbangan khusus,” papar Vino dalam jumpa pers virtual, Jumat (17/12).

“Makanya saya meyakini kalau tawaran ini tidak terjadi secara kebetulan, melainkan sudah rencana Tuhan,” imbuh putra penulis Bastian Tito yang terkenal dengan kisah Wiro Sableng ini.

Lantas dijelaskan bahwa Bastian Tito ternyata punya kedekatan khusus dengan Hamka. Selain sama-sama berasal dari Minang, Hamka merupakan sosok yang membimbing ibu Vino ketika menjadi mualaf.

“Saya sempat diceritakan almarhum ibu saya tentang Buya Hamka. Ayah yang membawa ibu saya bertemu Buya Hamka, ketika akan menjadi mualaf,” cerita Vino.

Juga diketahui Buya Hamka juga membaca salah satu karya ayah Vino yang berjudul Wiro Sableng. Sebaliknya Bastian Tito juga mengoleksi banyak buku yang ditulis Hamka.

Terlepas dari hubungan sang ayah, Vino merasa sedang melakukan perjalanan spiritual, ketika menerima tawaran untuk menjadi sosok Buya Hamka dalam film.

“Memang berapa kali memerankan kisah nyata. Tapi film Buya Hamka seperti perjalanan spiritual. Pertama kali bertemu sutradara, saya langsung disodori buku Akhlaqul Karimah karya Buya Hamka,” beber Vino.

Minim Improvisasi

Namun demikian, Vino pun tak melakukan banyak improvisasi dalam film, karena semua dialog harus sesuai dengan ucapan Buya Hamka semasa hidup.

“Memang sangat hati-hati sekali. Jangan sampai terjebak mendramatisasi, tapi lupa dengan fakta. Satu pengalaman sporitual bukan hanya sebagai pemain film, tapi sebagai manusia mbak,” tambah Vino.

Sementara sutradara Fajar Bustomi, memastikan kalau film Buya Hamka dipastikan bakal tayang di bioskop.

“Sejak awal konsep film ini akan tayang di bioskop dan belum berubah sampai sekarang. Saya berharap penonton juga banyak, karena buku-buku Buya Hamka menginspirasi banyak orang,” tandasnya.

Selain Vino Bastian, film Buya Hamka dibintangi beberapa artis lain seperti Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Ayudia Bing Slamet dan Ben Kasyafani.



Komentar
Banner
Banner