Polemik Jalan Tambang

Dalang Aksi Barbar Pembunuh Lansia Banjar di Jalan Tambang Versi Polisi

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian mengungkap terduga dalang di balik aksi barbar pembunuhan sekaligus penembakan di kebun karet, jala

Featured-Image
Kapolda Kalsel Andi Rian turun langsung menginterogasi satu pelaku pembunuhan Sabriansyah buntut polemik jalan tambang di Mengkauk, Pengaron, Kabupaten Banjar. Foto: Suwarji untuk apahabar.com

bakabar.com, MARTAPURA - Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian mengungkap terduga dalang di balik aksi barbar pembunuhan Sabriansyah (60) buntut polemik jalan tambang di Desa Mengkauk, Pengaron, Kabupaten Banjar.

Andi Rian mengatakan dalam penyelidikan diduga para pelaku memang disuruh oleh seorang petinggi PT JGA. "Kita akan panggil dari JGA untuk dimintai keterangannya," ungkap Andi Rian, Kamis malam (30/3).

Baca Juga: Lansia Tewas Dieksekusi Preman Suruhan di Banjar, Anang Teringat Kasus Jurkani

Andi Rian mengaku sudah memerintahkan Polres Banjar mengusut tuntas kasus terbunuhnya Sabriansyah (60).

Ia mengakui bahwa Aya atau Y satu terduga pembunuhan Sabri pada mulanya sempat menghindari petugas, namun berhasil diburu dan dibawa ke Polres Banjar.

"Kita yakin pelaku tidak satu orang saja, karena diduga masih dua orang pelaku yang masih kita cari. Saya harap supaya bisa menyerahkan diri," tegasnya didampingi Kapolres Banjar AKBP Ifan Hariyat dan Kasat Reskrim Iptu Fransiskus Manaan.

Baca Juga: Bawa Senpi Rakitan, Eks Pekerja Tambang Emas Ilegal Kotabaru Diringkus!

Mengenai motif, Andi Rian menerangkan bahwa korban yang merupakan warga Kecamatan Hatungun Tapin itu diduga menutup jalan hauling karena merasa berhak atas lahan yang digunakan sebagai jalan tambang tersebut.

“Para pelaku diduga diminta pimpinannya di JGA agar membuka portal itu dengan cara apapun," tukasnya.

Andi Rian mengakui pada korban ada luka tembak di bagian kepala di mana pelurunya sedang diuji balistik.

"Saya tegaskan setiap tindakan kriminal harus diusut hingga tuntas hingga memenuhi rasa keadilan di masyarakat," perintahnya. 

Baca Juga: Lansia Tewas Dieksekusi Preman Suruhan di Banjar, Anang Teringat Kasus Jurkani

Pembunuhan Sabriansyah (60) diduga dilakukan oleh lebih dari 30 orang di areal kebun karet Mengkauk, Pengaron, Kabupaten Banjar. Lansia tersebut diduga dieksekusi oleh puluhan orang buntut polemik lahan batu bara.

Jasad Sabri kemudian ditemukan bersimbah darah di areal kebun karet RT 4 RW 5 Desa Mengkauk, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar pada Rabu (29/3) siang.

Sebelum itu, ia yang tak terbunuh saat ditembak di bagian kepala oleh para pelaku, meregang nyawa akibat luka bacokan senjata tajam. 

Editor


Komentar
Banner
Banner