Sport

Daftar Penghargaan Individu Piala Dunia 2022: Messi Pemain Terbaik, Mbappe Top Skor

Tak hanya meraih trofi kolektif, sejumlah pemain Timnas Argentina juga meraih penghargaan individu, sesuai menjuarai Piala Dunia 2022.

Featured-Image
Gelar individu Enzo Fernandez, Emiliano Martinez dan Lionel Messi melengkapi sukses Argentina di Piala Dunia 2022. Foto: Republika

bakabar.com, BANJARMASIN - Tak hanya meraih trofi kolektif, sejumlah pemain Timnas Argentina juga meraih penghargaan individu, sesuai menjuarai Piala Dunia 2022.

Lionel Messi yang tampil menginspirasi Argentina, memperoleh penghargaan pemain terbaik dan berhak atas Golden Ball.

Selama Piala Dunia 2022, Messi total mencetak 7 gol dan 3 assist dari 7 pertandingan. 2 gol di babak normal, serta sebiji gol dalam adu penalti di final, berperan besar atas keberhasilan Argentina menjadi juara.

Seiring penghargaan tersebut, Messi juga tercatat sebagai pemain pertama yang memenangkan Golden Ball dua kali.

Sebelumnya Messi juga sempat meraih gelar pemain terbaik Piala Dunia 2014, ketika Argentina takluk dari Jerman di final.

Sementara Enzo Fernandez dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala Dunia 2022. Gelandang Timnas Argentina ini mengalahkan banyak talenta muda seperti Josko Gvardio dan Bukayo Saka.

Pemain milik Benfica ini mencatatkan 7 penampilan di Piala Dunia 2022. Tampil selama 563 menit, Fernandez membukukan masing-masing 1 gol dan assist.

Melengkapi sukses Argentina adalah keberhasilan Emiliano Martinez menjadi kiper terbaik, sekaligus membawa pulang Golden Glove.

Performa kiper Aston Villa ini di Piala Dunia 2022 juga krusial. Meski kebobolan 8 gol, Martinez berhasil membukukan 3 clean sheet.

Martinez pula yang membantu Argentina menyingkirkan Belanda di perempat final. Dalam adu penalti, kiper 30 tahun ini menepis sepakan Virgil Van Dijk dan Steven Berghuis.

Sementara dalam adu penalti melawan Prancis di partai puncak, Martinez menggagalkan tendangan penalti Kingsley Coman.

Satu-satunya gelar individu yang gagal dibawa Argentina di Piala Dunia 2022 adalah top skor. Trofi Golden Boot jatuh ke tangan Kylian Mbappe yang membukukan 8 gol.

Berikut daftar pemenang penghargaan individu Piala Dunia 2022:

Pemain Muda Terbaik: Enzo Fernandez (Argentina)

Penjaga Gawang Terbaik: Emiliano Martinez (Argentina)

Pencetak Gol Terbanyak: Kylian Mbappe (Prancis)

Pemain Terbaik: Lionel Messi (Argentina)

Editor


Komentar
Banner
Banner