Kalteng

Covid-19 Meningkat, RS Doris Sylvanus Palangka Raya Overload

apahabar.com, PALANGKA RAYA – RS Doris Sylvanus Palangka Raya mengalami kelebihan kapasitas akibat semakin meningkatnya kasus…

Featured-Image
Direktur RS Doris Sylvanus Palangka Raya, drg Yayu Indriaty. Foto-Istimewa

bakabar.com, PALANGKA RAYA – RS Doris Sylvanus Palangka Raya mengalami kelebihan kapasitas akibat semakin meningkatnya kasus terkonfirmasi positif di Kalimantan Tengah.

Tak hanya ruang isolasi, tapi juga Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU), sudah terisi penuh pasien Covid-19. Oleh sebab itu pekan depan ditambah 6 ruangan ICU.

“Ketersediaan tempat tidur penuh hingga 112 persen. Untuk pasien biasa kondisi sedang, 70 tempat tidur ruang isolasi juga penuh,” kata Direktur RS Doris Sylvanus Palangka Raya, drg Yayu Indriaty, Jumat (15/1/2021).

Imbasnya, tidak bisa menerima 9 rujukan dari kabupaten/kota, yang ingin dirawat di ruang intensif di salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 di Kalteng ini.

Memang ada tiga rumah sakit rujukan lain di Kalteng yakni RS Imanuddin Pangkalan Bun Kotawaringin Barat, RS Murjani Sampit Kotawaringin Timur dan RS Muara Teweh Barito Utara

Tapi ada beberapa kabupaten yang belum memiliki perlengkapan ICU yang lengkap, sehingga dirujuk RS Doris Sylvanus Palangka Raya.

Menurut Yayu, pasien yang mau dirujuk, dengan penurunan kesadaran, sesak parah, penyakit penyerta baik diabetes, gagal ginjal ataupun hipertensi emergency.

“Sambil menunggu, kita komunikasi dengan dokter disana, apa yang bisa dilakukan mengenai terapi,” ujarnya.

Diakuinya rumah sakit rujukan untuk penanganan pasien positif Covid-19 diprioritaskan untuk kasus dengan gejala sedang dan berat.

“Mudah-mudahan, setiap harikan ada hasil yang negatif yang sembuh, itu akhirnya bisa kami geser pasiennya dan dengan daftar tunggu dari kabupaten/kota,” imbuhnya.

Komentar
Banner
Banner