Cek Fakta

[CEK FAKTA] Viral Sapi Kurban Menangis sebelum Disembelih

Iduladha memang telah berlalu, namun konten seputar hewan kurban masih berseliweran di jagat maya. Misalnya, sapi yang terlihat menangis sebelum disembelih

Featured-Image
Video yang memperlihatkan sapi kurban menangis sebelum disembelih (Foto: TikTok)

bakabar.com, JAKARTA - Hari raya Iduladha memang telah berlalu, namun konten seputar hewan kurban masih berseliweran di jagat maya. Misalnya saja, sapi yang terlihat menangis sebelum disembelih.

Momen yang demikian, salah satunya, dibagikan akun TikTok @riekemeilanis23. Pada Kamis (29/6), dia mengunggah video berisikan seekor sapi yang hendak dibeli untuk kurban, sedang menitikkan air mata.

Masya Allah! Pertama kalinya lihat sapi nangis secara langsung, enggak kuat banget,” ujar si pengunggah. Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut telah ditonton sebanyak lebih dari 6 juta kali.

Momen serupa juga dibagikan akun Twitter @crtaewoo. Dia mengatakan sapi miliknya justru menangis ketika hendak disembelih, alih-alih mengamuk. “Ga ngamuk, sapi ku malah nangis,” cuitnya.

Lantas, benarkah hewan kurban menangis saat hendak disembelih?

Penelusuran Fakta

Dosen Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM), Slamet Raharjo, menjelaskan bahwa air yang keluar dari mata sapi saat akan disembelih bukan pertanda sedang menangis atau sedih.

Itu sejatinya adalah hal yang lumrah, mengingat sapi memang memiliki kelenjar air mata. Bagian ini berfungsi membersihkan mata saat ada debu maupun benda-benda lain yang menempel di bola mata.

"Air mata diproduksi secara normal setiap hari. Kelenjar air mata yang menetes itulah yang tampak seperti menangis," jelasnya, dikutip dari Kompas.com, Jumat (30/6).

Slamet pun menegaskan bahwa seekor sapi mustahil menangis atau sedih lantaran tahu bakal disembelih. Sebab, secara psikologis, hewan ini tak dapat merasakan emosi layaknya manusia.

“Pada sapi, tidak dikenal psikologis menangis. Bahkan, ketika misal tubuhnya kesakitan pun tidak ada tanda-tanda menangis seperti pada primata (kera, monyet, orangutan),” imbuhnya.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan sapi menangis saat hendak disembelih karena sedih adalah keliru. Faktanya, sapi justru tidak mampu merasakan emosi. Air mata itu merupakan hasil dari pembersihan debu di bola matanya.

Editor
Komentar
Banner
Banner