Cek Fakta

[CEK FAKTA] The Simpsons Sudah Prediksi Hilangnya Kapal Selam Titanic

Tak sedikit warganet yang terperangah usai mengetahui kalau hilangnya kapal selam Titanic ternyata pernah diprediksi kartun The Simpsons.

Featured-Image
Unggahan yang mengeklaim The Simpsons telah memprediksi hilangnya kapal selam Titanic (Foto: Twitter/Qurandale)

bakabar.com, JAKARTA - Beberapa waktu belakangan, dunia dihebohkan dengan tragedi kapal selam Titan. Dinyatakan hilang kontak sejak Minggu (18/6), kapal wisata Titanic yang memboyong miliarder itu akhirnya ditemukan dalam kondisi sudah meledak.

Kejadian ini tentu menyayat hati warganet. Di samping itu, tak sedikit pula yang terperangah usai mengetahui kalau hilangnya kapal selam Titanic ternyata pernah diprediksi kartun The Simpsons.

Adalah @Qurandale, salah satu akun Twitter yang membagikan ‘cocoklogi’ tersebut. Pada Kamis (22/6), akun itu mengunggah cuplikan episode kartun berkarakter kuning ini dengan menambahkan keterangan, “The Simpsons really predicted the titanic submarine situation.”

Dalam potongan video itu, terlihat dua karakter The Simpsons yang digambarkan sebagai ayah dan anak, menyelam ke dasar lautan untuk mencari harta karun dari kapal karam. Saat hendak kembali ke permukaan, si anak mengalami kecelakaan dan kehabisan pasokan oksigen.

Hingga tulisan ini dibuat, cuitan tersebut sudah dilihat oleh lebih dari 10,5 juta pengguna Twitter. Lantas, benarkah The Simpson sungguh-sungguh telah memprediksi tragedi hilangnya kapal selam Titanic?

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, cuplikan kartun The Simpsons yang viral di media sosial itu berasal episode Homer's Paternity Coot. Ini merupakan tayangan dari musim ke-17 yang kali pertama mengudara pada 2006.

Namun, episode tersebut sejatinya tidak memprediksi kejadian di masa depan. New York Post melaporkan episode itu justru terinspirasi dari Crimson Tide, film keluaran 1995 yang berkisah tentang perselisihan antara kapten dan letnan dalam misi di kapal selam USS Alabama.

Hal itu dibenarkan langsung oleh penulis naskah The Simpsons, Mike Reiss. “We didn’t predict the future, we just did it off that movie and 20 years later, something like that happened (Kami tidak memprediksi masa depan, kami hanya membuatnya berdasarkan film itu, dan 20 tahun kemudian, hal serupa benar-benar terjadi),” ujarnya.

Di samping itu, jalan cerita episode Homer's Paternity Coot dengan tragedi kapal selam Titanic sejatinya juga sangat berbeda. Di akhir cerita, nyawa Homer terselamatkan usai tiga hari koma di rumah sakit.

Sementara, tragedi kapal selam Titanic berakhir mengenaskan. Kapal itu ditemukan dalam bentuk puing-puing, yang lantas membuat otoritas Amerika Serikat menyimpulkan seluruh penumpang tewas.

Kesimpulan: Tidak benar bahwa kartun The Simpsons telah memprediksi hilangnya kapal selam Titanic. Sang penulis naskah mengatakan cerita kartun tersebut justru terinspirasi dari tayangan lain, yakni film Crimson Tide.

Editor
Komentar
Banner
Banner