Cek Fakta

[CEK FAKTA] Simon Cowell Beli Lagu Putri Ariani Seharga Rp7 Triliun

Belakangan, tersiar kabar bahwa Simon Cowell membeli lagu ciptaan Putri Ariani seharga Rp7 triliun.

Featured-Image
Putri Ariani mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell di American Got Talent. Foto: YouTube American Got Talent.

bakabar.com, JAKARTA - Putri Ariani baru-baru ini menggemparkan panggung America’s Got Talent. Bakatnya sukses membuat para juri terpukau, tak terkecuali Simon Cowell, yang bahkan sampai memberinya Golden Buzzer.

Belakangan, tersiar kabar bahwa Simon Cowell membeli lagu ciptaan Putri seharga Rp7 triliun. Hal itu sebagaimana dinarasikan dalam sebuah unggahan milik akun TikTok @abang.javier.lm pada Sabtu (10/6).

Sang konten kreator mengunggah foto dirinya menggunakan lagu Loneliness yang dilengkapi dengan tulisan “ini lagu seharga 7 Triliun gaes.” Pada keterangan unggahan, dia kembali menegaskan bahwa “Simon Cowell beli lagu putri di Amerika got talent seharga 7 Triliun.”

Baca Juga: [CEK FAKTA] “Loneliness” Menggema di AS, Putri Ariani Dapat Royalti Rp35 Miliar?

Informasi senada juga disampaikan kanal YouTube MENGETIK. Pada Kamis (8/6), akun itu mengunggah video dengan judul Putri Ariani america's got talent dibayar 7 triliun oleh simon cowell terbaru.

Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut sudah ditonton lebih dari 663.000 kali, disukai oleh 7.300 orang, serta mendapat 862 komentar. Lantas, benarkah Simon Cowell membeli lagu ciptaan Putri?

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, video berdurasi 9 menit 17 detik itu tak memuat bukti valid terkait dibelinya lagu ciptaan Putri oleh Simon. Narator membacakan artikel detikHot yang berjudul Simon Cowell Puji Putri Ariani: Salah Satu yang Terbaik di Acara Ini!

Setelah disimak lebih lanjut, rupanya ada tambahan informasi dari sang narator yang tak dimuat dalam artikel. Narator mengatakan, “Kamu adalah salah satu penyanyi terbaik yang pernah ikut di acara ini. Maka kamu berhak mendapatkan uang sebesar 7 triliun rupiah.”

Baca Juga: [CEK FAKTA] Simon Cowell Didesak Mundur dari AGT Gegara Beri Putri Ariani Golden Buzzer

Padahal, dalam video asli yang diunggah kanal YouTube America’s Got Talent, Simon tidak mengatakan kalau Putri berhak mendapat uang sebesar Rp7 triliun. Sang juri hanya memuji penyanyi Indonesia itu sebagai salah satu peserta terbaik di acara tersebut.

Hingga saat ini pun, belum ada penjelasan dari pihak Putri soal dibelinya lagu Loneliness oleh Simon.

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan Simon membeli lagu ciptaan Putri adalah hoaks. Dalam video aslinya, sang juri hanya memuji gadis berusia 17 tahun itu sebagai salah satu peserta terbaik di ajang America’s Got Talent.

Editor


Banner
Banner