Cek Fakta

[CEK FAKTA] Putri Ariani Dapat Mobil Mewah dari Jokowi

Tersiar kabar bahwa orang nomor satu di republik ini, Presiden Jokowi, memberikan hadiah berupa mobil mewah kepada Putri Ariani.

Featured-Image
Video yang mengeklai Presiden Jokowi memberi mobil mewah kepada Putri Ariani (Foto: YouTube/Info Viral)

bakabar.com, JAKARTA – Barangkali nihil WNI yang tak bangga dengan Putri Ariani. Presiden Joko Widodo saja sampai mengundangnya ke Istana Presiden sebagai penghargaan atas upayanya mengharumkan nama Indonesia.

Bahkan, tersiar kabar bahwa orang nomor satu di republik ini memberikan hadiah berupa mobil mewah kepada Putri. Hal itu sebagaimana disampaikan dalam video berjudul Harumkan Nama Indonesia!! Jokowi Beri Hadiah Mobil Mewah untuk Putri Arini.

Video yang diunggah kanal YouTube Info Viral pada Selasa (13/6) itu menampilkan thumbnail berisikan gambar Presiden Jokowi dan Putri Ariani beserta kedua orang tuanya.

Di tengahnya, terdapat foto mobil berwarna biru, lengkap dengan pita yang menghiasinya bak hadiah.

Hingga tulisan ini dibuat, konten tersebut sudah ditonton sebanyak 590 kali. Lantas, benarkah Putri mendapat mobil mewah dari Presiden Jokowi?

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran bakabar.com, isi video sama sekali tidak memuat informasi soal Jokowi yang memberikan mobil mewah untuk Putri. Selama 2 menit 22 detik, narator hanya membacakan penggalan artikel Liputan6.com.Berita yang dimaksud itu bertajuk Duh, Muka Ibu Putri Ariani Kesenggol Tangan Simon Cowell Usai Beri Golden Buzzer di America's Got Talent.

Lebih tepatnya, narator menarasikan bagian subjudul Jokowi: Terbanglah Semakin Tinggi Bawa Nama Indonesia, Putri Ariani.

Bagian tersebut berisikan penulisan ulang dari salah satu unggahan Jokowi di Instagram-nya. Pada Senin (12/6), sang Presiden mengunggah cuplikan penampilan Putri di ajang America’s Got Talent dengan keterangan sebagai berikut:

Beberapa hari ini nama penyanyi Indonesia Putri Ariani menjadi pembicaraan dan pemberitaan oleh talentanya yang memukau dunia lewat penampilan di panggung America’s Got Talent 2023. Saya pun turut bangga dan menikmati tayangan ulang penampilan Putri Ariani itu.

Memang, ini barulah babak awal dari perjalanan panjang Putri Ariani ke depan. Apa yang diraih Putri Ariani saat ini semoga memberi inspirasi dan semangat kepada semua orang bahwa semua impian dan cita-cita dapat diraih dengan ketekunan, kerja keras, serta kepercayaan atas kemampuan diri sendiri.

Selamat kepada Putri Ariani. Terbanglah semakin tinggi, meraih cita-cita, dan tetap mambawa nama Indonesia.

Selang dua hari setelahnya, atau pada Rabu (14/6), Jokowi memang mengundang Putri ke Istana Presiden. Dalam kesempatan itu, dia juga memberikan penyanyi asal Yogyakarta itu sejumlah uang saku. 

Uang saku itu dimaksudkan sebagai bekal ke Amerika Serikat untuk mengikuti babak semifinal kompetisi America's Got Talent 2023. Namun, Jokowi sama sekali tidak memberi hadiah mobil.

Kesimpulan: Klaim yang menarasikan Jokowi memberi hadiah mobil mewah kepada Putri adalah hoaks. Isi video yang beredar sama sekali tidak relevan dengan judul. 

Editor


Komentar
Banner
Banner