Cek Fakta

[CEK FAKTA] Muncul Notifikasi saat Screenshot Instagram Story

Salah satu akun TikTok mengunggah video berisikan notifikasi yang muncul manakala seseorang men-screenshot Instagram Story miliknya.

Featured-Image
Video yang mengatakan bakal muncul notifikasi saat men-screenshot Instagram Story orang lain (Foto: TikTok/xnisshaaa)

bakabar.com, JAKARTA – Apakah Anda suka menangkap layar alias screenshot Instagram Story orang lain? Kalau demikian, Anda mesti menghentikan kebiasaan itu karena aplikasi ini dikabarkan bakal mengirim notifikasi kepada si pemilik akun.

Adalah @xnisshaaa, salah satu akun TikTok yang membagikan kabar tersebut. Pada Jumat (9/6) lalu, dia mengunggah video berisikan notifikasi yang muncul manakala seseorang men-screenshot Instagram Story miliknya.

Notifikasi tersebut bertuliskan, “Next time you take a screenshot or screen recording, the person who posted the story will be able to see.” Akun itu juga menyertakan gambar yang menunjukkan ikon pertanda seseorang melakukan tangkapan layar.

Hingga tulisan ini dibuat, konten tersebut sudah ditonton lebih dari 13,5 juta kali serta mendapat 1,5 juta suka. Saking viralnya, video itu juga dibagikan ke media sosial lain, salah satunya Twitter. 

Lantas, benarkah akan muncul notifikasi saat seseorang melakukan tangkapan layar Instagram Story orang lain?

Penelusuran Fakta

bakabar.com melakukan percobaan dengan men-screenshot dan screen recording Instagram Story milik salah satu tim kami. Hasilnya, si pemilik akun tidak menerima notifikasi ketika hal itu terjadi.

Setelah ditelusuri, Instagram sudah tidak lagi memiliki fitur yang memberi tahu Anda ketika ada yang men-screenshot Instagram Story. Fitur serupa, sebagaimana dilaporkan Business Insider dan The Indian Express, memang pernah diterapkan beberapa tahun lalu.

Tepatnya pada 2018, Instagram sempat meluncurkan fitur tersebut. Notifikasi ini persis seperti yang disinggung dalam konten viral tadi, di mana bertuliskan “Next time you take a screenshot or screen recording, the person who posted the story will be able to see.”

Notifikasi itu akan muncul ketika Anda pertama kali mencoba men-screenshot Instagram Story orang lain. Pada percobaan selanjutnya, si pemilik akun dapat langsung melihat ikon pertanda seseorang melakukan tangkapan layar.

Namun kini, fitur tersebut sudah tak ada lagi. Notifikasi baru akan muncul saat dilakukan pada percakapan yang menggunakan mode Vanish. Jika Anda mengambil tangkapan layar dalam mode Vanish, notifikasi bertuliskan "(nama pengguna) took a screenshot" akan muncul dalam percakapan. 

Kesimpulan: Klaim yang mengatakan bakal muncul notifikasi saat melakukan tangkapan layar Instagram Story adalah keliru. Itu merupakan fitur lama Instagram, yang kini sudah tak lagi diterapkan.

Sekarang, notifikasi baru muncul jika dilakukan pada pesan dengan mode Vanish.

Editor


Komentar
Banner
Banner